Selangkah Lagi, Bandara Kertajati Bisa Ditembus Penuh Lewat Tol

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 15:58 WIB
Mengintip proyek tol akses Bandara Kertajati
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Selangkah lagi, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bakal bisa ditempuh penuh lewat jalan tol. Pasalnya, kini jalan akses langsung ke jalan tol bakal selesai akhir bulan ini, September 2021.

Ruas tol akses ini dibangun sepanjang 3,38 km dan akan menghubungkan bandara dengan tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Ruas ini juga akan tersambung dengan Tol Cisumdawu yang masih dalam tahap penyelesaian.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam mempercepat pembangunan ruas tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

"Luar biasa bisa selesai September 2021. Kualitas baik dan rapi. Selamat dan terima kasih," kata Basuki dalam keterangannya, dikutip Jumat (10/9/2021).

Ruas tersebut nantinya mendukung pengoperasian BIJB Kertajati sekaligus mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Mulai dari Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan kawasan industri Bekasi-Karawang-Purawakarta.

Dengan tol Akses Bandara Kertajati plus tol Cisumdawu akses ke BIJB bakal makin cepat. Awalnya 3 jam, akan lebih singkat jadi 1 jam.

Pembangunan jalan tol akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cipali dimulai dari KM 158+700. Secara teknis jalan tol utama memiliki 4 lajur untuk dua arah dengan lebar 3,6 meter. Sementara untuk akses ramp memiliki lebar lajur 4 meter yang dilengkapi 2 jembatan.