MRT Fase I Kantongi Penghargaan Global dari FIDIC

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 15 Sep 2021 16:56 WIB
Seorang perempuan duduk di atas pembatas jalan di dekat halte Centrale Stichting Wederopbouw (CSW) yang berhiaskan lampu warna-warni di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (31/7/2021). Proyek pembangunan jembatan penghubung atau skybridge untuk intergrasi Halte Transjakarta CSW dengan Stasiun MRT ASEAN itu mengusung konsep desain Cakra Selaras Wahana yang memiliki arti sebagai lingkaran penghubung yang setara antar moda. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan tingkat global dari Federation Internationale Des Ingenieurs-Conseils (FIDIC) atau International Federation of Consulting Engineers dalam ajang FIDIC Project Awards 2021.

Penghargaan itu diberikan kepada MRT Jakarta Fase 1 Koridor Lebak Bulus -Bundaran HI. Proyek konstruksi MRT Jakarta Fase 1 merupakan proyek pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan internasional dari FIDIC.

Dalam ajang FIDIC Project Awards 2021, proyek itu dinilai sebagai infrastruktur yang telah membuat perubahan yang nyata bagi lingkungan dan masyarakat yang dilaksanakan dengan menerapkan kontrak FIDIC disertai manajemen proyek yang baik.

"Terima kasih kepada FIDIC atas penghargaan yang telah diberikan kepada MRT Jakarta. Ini adalah pengakuan terhadap karya anak bangsa melalui insan-insan MRT Jakarta dan semua pihak yang terlibat, atas kerja profesional dan berintegritas dalam mewujudkan infrastruktur publik dengan kualitas internasional." ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar, dikutip Rabu (15/9/2021).

Board Member of Director FIDIC (2019-2023), Sarwono Hardjomuljadi memberikan selamat dan apresiasinya kepada MRT Jakarta. Dia berharap dengan adanya penghargaan ini, bisa memotivasi pekerjaan konstruksi lainnya di Indonesia untuk menerapkan dan memiliki manajemen proyek yang kuat serta mengacu pada international best practice.

"Semoga pekerjaan konstruksi MRT Jakarta dapat menjadi motivasi bagi pekerjaan konstruksi lainnya di Indonesia untuk menerapkan dan memiliki manajemen proyek yang kuat serta mengacu pada international best practice, khususnya pada FIDIC Conditions of Contract yang merupakan syarat mutlak untuk meraih keberhasilan sebuah pekerjaan konstruksi," tuturnya.

President FIDIC, William Howard memberikan ucapan selamat kepada para pemenang, termasuk kepada MRT Jakarta.

"Selamat kepada para pemenang atas penghargaan yang diterima. Semua proyek yang berpartisipasi disini menampilkan pekerjaan konstruksi dari sektor infrastruktur yang dapat membuat perubahan yang nyata bagi lingkungan dan masyarakat yang mereka layani. FIDIC senang dapat mempromosikan pekerjaan ini dan menyoroti pentingnya pekerjaan ini bagi masyarakat." ungkap ia.

Sebagai informasi, FIDIC merupakan badan perwakilan internasional global terbesar yang dibentuk dari asosiasi nasional konsultan (Consulting Engineers) dari seluruh dunia.

Dalam perkembangannya serta didukung oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman professional, FIDIC telah menerbitkan berbagai bentuk standar dari dokumen dan persyaratan kontrak, conditions of contract, untuk proyek-proyek pekerjaan sipil (civil engineering construction) sejak 1957 yang secara terus menerus direvisi dan diperbaiki sesuai perkembangan industri konstruksi.

Ajang FIDIC Project Awards 2021 memberikan apresiasi terhadap proyek-proyek yang dinilai memiliki kontribusi besar dalam perbaikan kualitas kehidupan masyarakat dengan mengedepankan prinsip Kualitas, Integritas, dan Keberlanjutan, serta unggul dalam penerapan kontrak FIDIC disertai manajemen proyek yang baik.

Tidak hanya proyek di Indonesia, penghargaan dari FIDIC jug diterima kepada proyek di sejumlah negara. Mulai dari China, Kanada, India, Australia, dan Vietnam.

(dna/dna)