Alasan Ada 'Pertamina' Nyelip di Nama Baru Sirkuit Mandalika

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 07 Okt 2021 15:16 WIB
Sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan rangka lampu start pada proyek pembangunan lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/8/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir bulan Juli 2021 progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.
Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) kini memiliki nama baru yakni Pertamina Mandalika International Street Circuit. BUMN minyak dan gas bumi (migas) PT Pertamina (Persero) terselip di nama sirkuit ini karena menjadi sponsor utama.

Wakil Menteri BUMN Pahala N Mansury mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada sejumlah BUMN yang turut terlibat dalam pengembangan sirkuit tersebut. Khususnya Pertamina yang juga turut berpartisipasi.

"Kita mengapresiasi berbagai BUMN yang sudah berpartisipasi dalam hal merealisasikan hal ini. Khususnya tadi kita saksikan Pertamina sebagai salah satu atau merupakan sponsor utama dari kegiatan tersebut," katanya dalam acara Penandatangan PKS Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit yang digelar hari ini, Kamis (7/10/2021).

Menurutnya, hal itu sebagai wujud sinergi BUMN. Langkah ini juga sebagai upaya agar Indonesia keluar dari dampak pandemi COVID-19.

"Ini semua bentuk sinergi antara BUMN dan juga berbagai institusi yang dimiliki oleh pemerintah untuk betul-betul bagaimana kita bisa keluar dari pandemi COVID-19 ini, termasuk juga bagaimana industri pariwisata sebagai industri yang paling terpangaruh," katanya.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, ada beberapa alasan yang membuat Pertamina masuk menjadi sponsor. Pertama, kata dia, BUMN harus mendukung program pemerintah, termasuk dalam upaya memulihkan ekonomi.

"Pemulihan ekonomi ini sangat diperlukan untuk kerja sama kita semua. Jadi salah satu adalah industri pariwisata yang kita yakini bisa dengan cepat memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi," katanya.

Kedua, lanjutnya, otomotif merupakan bidang yang dekat dengan produk-produk Pertamina. Menurutnya, langkah ini bisa digunakan untuk mempromosikan produk Pertamina di skala internasional.

"Juga terkait digitalasi Pertamina, MyPertamina platform yang dimiliki Pertamina ini juga bisa digunakan nanti di dalam event ini untuk transaksinya, untuk ticketing, marchendise, dan sebagainya. Jadi ini adalah peluang bagi kita untuk menambah jumlah customer baik di dalam maupun luar negeri," paparnya.

Ketiga, Pertamina juga mendukung pemerintah dalam transisi energi. Pihaknya pun berencana mengembangkan energi baru terbarukan di Mandalika.

"Kita bisa bangun di sana renewable energi sebagai salah satu sumber untuk energi di Mandalika yang tentu ini akan menjadi showcase yang sangat bagus ketika event internasional terjadi," katanya.

Lihat juga video 'Sirkuit Mandalika Gelar WSBK, Berapa Penonton yang Boleh Datang?':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/dna)