3 Fakta Baru LRT Jabodebek yang Mau Operasi Tahun Depan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 14 Okt 2021 21:00 WIB
Pembangunan LRT Jabodebek menambah daftar transportasi publik yang ada di Ibu Kota. Rencananya, LRT Jabodebek bakal beroperasi pertengahan tahun depan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

LRT Jabodebek bakal beroperasi dalam waktu dekat. Tahun depan, moda transportasi yang satu ini mulai bisa digunakan warga Jakarta.

Kereta yang satu ini juga disebut sebagai kereta paling canggih di Indonesia. Bahkan, sistem kereta MRT pun lewat. Berikut ini 3 fakta terbarunya.

1. Operasi Agustus 2022
Kementerian Perhubungan menyatakan moda LRT Jabodebek bakal bisa digunakan tahun depan. Moda kereta api ringan ini bakal bisa digunakan per bulan Agustus 2022.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan mulai bulan Agustus kereta LRT bisa akan beroperasi secara bertahap mulai dari lintas Cibubur-Cawang, Bekasi-Cawang, hingga Cawang-Dukuh Atas.

"Diharapkan tahun depan, bulan Agustus 2022 bisa operasi bertahap di tiga lintas tadi Cibubur-Cawang, Bekasi-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas," ungkap Zulfikri dalam acara pelepasan trainset 31 LRT Jabodebek dari pabrik INKA Madiun, Kamis (14/10/2021).

Dia bilang progress LRT Jabodebek paling maju ada di lintas Cibubur-Cawang dengan pengerjaan yang sudah mencapai 98%. Saat ini jalur tersebut juga sering digunakan untuk melakukan uji kereta.

"Paling maju progress-nya adalah Cibubur-Cawang sudah 98%. Lintasan ini memang digunakan untuk melakukan uji-uji sarana prasarana," papar Zulfikri.

Per hari ini sendiri, 31 trainset alias rangkaian kereta LRT Jabodebek sudah dikirimkan semuanya ke Jakarta dari Pabrik PT INKA di Madiun. Satu trainset sendiri terdiri dari 6 gerbong.

Trainset terakhir atau trainset nomor 31 siang ini mulai dikirimkan ke Jakarta. Kereta dikirim melalui jalur darat dengan truk Multi-Axle.

Lihat juga video 'Menhub Ungkap Akan Ada 31 Rangkaian Kereta LRT Jabodebek':

[Gambas:Video 20detik]