Kereta Cepat Dikebut, Peluang Bisnis Bisa Ikut Ngebut?

Elsa Azzahra - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 18:11 WIB
Jalan Galaxy-Cikunir Raya, Jaka Sampurna, Kota Bekasi, telah dibuka. Kini sebanyak 27 tiang pancang Kereta Cepat Jakarta-Bandung menghiasi jalan tersebut.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Ekspansi bisnis oleh kalangan pelaku usaha dari kawasan ibu kota ke kota penyangga bakal lebih massif menyusul adanya kemudahan akses transportasi kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dengan hanya menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit, ketersediaan moda transportasi ini membuka peluang bagi kalangan pengusaha di Jakarta untuk melebarkan sayap bisnisnya di kawasan penyangga lainnya.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Ina Primiana mengatakan kereta cepat ini akan meningkatkan efisiensi bagi pelaku usaha.

"Dengan adanya kereta cepat tentu akan meningkat investasi baik di Jakarta maupun Bandung," kata Ina saat dihubungi wartawan, Senin (25/10/2021).

Namun kata dia peluang ekspansi bisnis tidak hanya terbuka untuk Kota Bandung dan Jakarta saja tetapi juga kawasan di sekitar stasiun pemberhentian, terutama di Karawang. Terlebih, Karawang selama ini menjadi salah satu pusat manufaktur di Tanah Air.

"Orang itu tentu akan investasi di Jawa Barat karena ada fasilitas kawasan industri. Makanya yang saya bilang sebelum kereta cepat (jadi) ini Jawa Barat mesti berbenah untuk membangun sejumlah kawasan industri daerah sekitar, sehingga wilayah-wilayah yang dilewati kereta cepat ikut perkembangan," ucapnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.