Di Forum Internasional, Jokowi Pamer Dukungan Pemerintah Buat UMKM

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 31 Okt 2021 18:01 WIB
Sejumlah pemimpin dunia menghadiri KTT G20 di Roma, Italia. Presiden Joko Widodo tampak hadir di tengah-tengah pertemuan elite global tersebut.
Foto: AP/Evan Vucci
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara G20 harus terus mendorong penguatan peran UMKM dan perempuan melalui sejumlah aksi nyata. Hal itu disampaikannya saat berpidato pada side event KTT G20.

UMKM sendiri bagi Indonesia adalah sendi utama perekonomian, dengan lebih dari 65 juta unit UMKM yang berkontribusi terhadap 61% perekonomian nasional.

Di saat yang sama, 64% pelaku UMKM Indonesia adalah perempuan sehingga bagi Indonesia, memberdayakan UMKM berarti juga memberdayakan perempuan. UMKM juga menunjukkan ketangguhan yang cukup tinggi di tengah pandemi.

"Pertama, meningkatkan inklusi keuangan UMKM dan perempuan. Inklusi keuangan adalah prioritas Indonesia. Indeks keuangan inklusif kami telah mencapai 81 persen dan kami targetkan mencapai 90 persen di tahun 2024," kata Jokowi dalam acara yang digelar di La Nuvola, Roma, Italia, pada Sabtu, 30 Oktober 2021 dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (31/10/2021).

Untuk mencapai target tersebut, pembiayaan yang ramah dan akses pendanaan bagi UMKM di Indonesia akan terus diperkuat. Indonesia sendiri mengalokasikan US$ 17,8 miliar kredit usaha rakyat (KUR) dan lebih dari 2,4 juta pengusaha perempuan telah menerima bantuan ini.

Indonesia juga mengucurkan US$ 1,1 miliar untuk Program Produktif Usaha Mikro dan 63,5 persennya diterima pengusaha perempuan.

Khusus untuk pengusaha perempuan mikro dan ultra-mikro, Indonesia mengembangkan skema pemodalan khusus yang disebut program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera).

"Dalam Bahasa Inggris, Mekar berarti to grow, to blossom. Melambangkan semangat bagi tumbuh berkembangnya peran ekonomi perempuan," jelasnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.