Akhirnya! Hari Ini Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 12 Nov 2021 06:00 WIB
Pengecatan lintasan sirkuit Mandalika telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pengecatan itu membuat lintasan sirkuit Mandalika makin keren. Penasaran?
Akhirnya! Hari Ini Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini terbang ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia datang untuk meresmikan Sirkuit Mandalika.

"Besok kita akan meresmikan sirkuit Mandalika dan setelah itu event yang ada disana untuk berjalan baik Superbike maupun MotoGP," tuturnya, Kamis (11/11/2021).

Jokowi mengatakan, peresmian sirkuit yang bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit itu guna mendukung perhelatan besar World Superbike Championship (WSBK) Indonesia 2021 yang akan berlangsung pada 19-21 November 2021 serta MotoGP.

Tak hanya sirkuit, ada juga jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL)-Mandalika yang akan diresmikan. Jalan sepanjang 17,36 km ini dipersiapkan untuk mendukung 2 perhelatan tersebut.

Keberadaan jalan bypass akan mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula 45 menit menjadi 15 menit.

Tak hanya itu, kemarin juga beredar sebuah video yang menunjukkan sebuah motor custom bertuliskan RI 1. Disebutkan dalam video itu motor tersebut milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akan dipakai di Sirkuit Mandalika.

Motor berkelir hijau itu tengah dinaikan ke truk towing. Motor ini sedikit berbeda dengan motor custom Kawasaki W175 milik Jokowi sebelumnya, karena memakai body fairing sehingga terkesan seperti motor balap retro.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengaku belum bisa memastikan kebenaran video tersebut. "Ya belum ngecek," ucapnya saat dikonfirmasi detikcom.

Selain itu Heru juga menegaskan, belum dapat dipastikan apakah Jokowi akan menjajal Sirkuit Mandalika menggunakan motor custom miliknya. "Belum pasti, nanti di Mandalikan kan milih Bapak," tambahnya.

Simak video 'Usai Insiden 'Unboxing', Ducati: Kami Tak Sabar Membalap di Indonesia!':

[Gambas:Video 20detik]



(das/fdl)