Keunggulan Sirkuit Mandalika yang Siap Dipakai Gelaran WSBK-MotoGP

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 14 Nov 2021 19:45 WIB
Sirkuit Mandalika telah rampung 100 persen.
Foto: (dok Kemenparekraf)
Jakarta -

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan begitu, sirkuit ini siap digunakan untuk gelaran balap salah satunya World Superbike (WSBK) yang akan digelar pada tanggal 19-21 November mendatang.

Jokowi mengatakan, sirkuit ini menggunakan teknologi aspal terbaru. Sirkuit ini pun siap menyambut even kelas dunia seperti WSBK dan MotoGP.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan
diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Minggu (14/11/2021).

Jokowi juga mengingatkan agar pelaksanaan ajang-ajang internasional di Sirkuit Mandalika tetap memerhatikan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

"Sekali lagi, protokol kesehatan ketat dan saya sudah memerintahkan untuk juga didampingi oleh Satgas sehingga tata kelola setiap event itu terus dijaga
protokol kesehatannya," imbuhnya.

Jokowi berharap Sirkuit Mandalika juga dapat memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi NTB. Ia meyakini perhelatan akbar internasional seperti WSBK dan MotoGP akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB," ungkapnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.