Ada Tol Serang-Panimbang, Jakarta ke Tanjung Lesung Cuma 1 Jam

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 16 Nov 2021 11:42 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ruas jalan Tol Serang-Rangkasbitung yang membentang sepanjang 26,5 kilometer, jalan tol ini merupakan bagian dari jalan Tol Serang-Panimbang. Nantinya jarak tempuh Jalan Tol Serang-Panimbang dari Jakarta menuju lokasi wisata Tanjung Lesung cuma 1-2 jam.

"Alhamdulillah pada pagi ini jalan Tol Serang Panimbang seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung sudah selesai dibangun dan siap dioperasikan. Kalau sekarang bisa 4-5 jam (ke Tanjung Lesung), nanti tembus bisa 1 jam, maksimal 2 jam sehingga orang akan bisa menjadi alternatif," kata Jokowi di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11/2021).

Jalan Tol Serang-Panimbang akan dilanjutkan ke sesi dua yaitu ruas jalan tol Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 km dan ruas jalan tol Cileles-Panimbang sepanjang 33 km. Target penyelesaian Jalan Tol Serang-Panimbang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023.

"Pandeglang akan lebih cepat dan akhirnya nanti Tanjung Lesung nanti akan ikut sebagai sebuah kawasan wisata dan itu akan selesai kira-kira nanti di 2023 akhir. Hingga sekarang yang kita harapkan kemacetan-kemacetan yang ada di Pandeglang dan Serang juga bisa terurai," sambung Jokowi.

Selain itu, jalan tol ini juga diproyeksikan dapat membuka investasi ke tempat wisata Tanjung Lesung. Jokowi mengatakan, jika tidak ada akses ke tempat wisata, investor pun enggan untuk berinvestasi ke sana.

"Kalau ini tolnya menuju ke sana (Tanjung Lesung) otomatis ada optimisme di investasi untuk keperluan menyelesaikan Tanjung Lesung. Kalau jalannya enggak ada orang mikir-mikir investasi ya karena Tanjung Lesung butuh cepat," kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambahkan, panjang total Jalan Tol Serang-Panimbang akan menyentuh hingga 86 lebih kilometer. Skema pembangunan dilakukan secara Kerja Sama Badan Usaha (KPBU)

"Ini yang sudah kita resmikan, ini merupakan investasi KPBU dari Wika Karya dan PP bersama pemerintah. Dari 83 km panjang porsi pemerintah 33 km, total investasi semua Rp 5,58 triliun," kata Basuki di lokasi yang sama.