ADVERTISEMENT

Tarif Tol Serang-Rangkasbitung Rp 43.500, Nggak Kemahalan?

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 13:16 WIB
Kendaraan truk melintas di Tol Serang-Rangkasbitung di Kabupaten Lebak, Banten, Senin (2/8/2021). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat progres tol Serang-Panimbang seksi I sudah mencapai 98 persen dan sedang dilakukan proses uji laik fungsional (ULF). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS
Serang -

Tarif Tol Serang-Panimbang untuk Seksi 1 Serang-Rangkasbitung yang beberapa waktu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah terbit. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR.

Tarif ini juga disampaikan oleh akun media sosial resmi Wika Serang Panimbang dengan dua nomor SK. Keputusan tertuang dalam SK No.1428/KPTS/M2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 (Serang-Rangkasbitung) dan Surat Keputusan Menteri PUPR No.1429/KPTS/M2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Simpang Susun Walantaka Jalan Tol Tangerang-Merak.

"Dengan penetapan tarif ini, maka pemberlakuan tarif ruas Serang-Rangkasbitung dan tarif integrasinya dengan Tol Tangerang-Merak akan diberlakukan dalam waktu dekat," bunyi pengumuman akun resmi Wika Serang-Panimbang sebagaimana dikutip detikcom di Serang, Rabu (1/12/2021).

Waktu pemberlakukan tarif ini juga akan segera diinformasikan melalui media resmi @wikaserpan dan @astratoltamer.

Dari table harga yang disampaikan, tarif dari Serang Timur-Rangkasbitung Gol 1 Rp 43.500, Serang-Barat Rangkasbitung Rp 47.000, Cilegon Timur-Rangkasbitung Rp 53.000, Cilegon Barat-Rangkasbitung Rp 58.500. Merak-Rangkasbitung Rp 60.500.

Sedangkan dari Cikupa-Rangkasbitung Rp Gol 1 Rp 59.000, Balaraja Timur-Rangkasbitung Rp 56.500, Balaraja Barat-Rangkasbitung Rp 54.500, Cikande-Rangkasbitung Rp 45.500 dan Ciujung-Rangkasbitung Rp 40.500.

Pengumuman tarif ini pun menjadi perhatian komentar netizen. Di akun @faj**n.id misalnya mengaku terkejut dengan tarif ini karena kemahalan dan tidak masuk akal.

"Sebagai pengguna yang rutin minimal 2z dalam seminggu, ini mengejutkan dan mengecewakan. Tarif mahal, tidak masuk akal. Bukan karena kitanya yg miskin, justru harusnya negara hadir memang untuk menyelesaikan kesulitan dan kemiskinan. Peresmian sana sini padahal hanya ganti metode mempersulit. Ganti namanya jadi TOL KHUSUS ORANG KAYA," tulisnya.

"Buset mahal bener," kata @nasrullah***.

Tapi ada juga netizen yang mengatakan tarif ini masih menilai tarif ini relevan. Apalagi memotong waktu lebih singkat ke arah Rangkasbitung.

"kompetitif sih tarifnya," tulis @hervan***.

Simak video saat 'Resmikan Tol Serang-Rangkasbitung, Jokowi Targetkan 3 Ruas Rampung 2023':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT