Kemenhub Kebut Infrastruktur Transportasi di 5 Wisata Super Prioritas

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 02 Des 2021 13:27 WIB
Kemenhub
Foto: Kemenhub

Pada tahun 2022, Kemenhub mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 442,7 miliar untuk pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di 5 DPSP. Tahun sebelumnya di 2021, Kemenhub mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 856,7 milyar.

Anggaran tahun 2022 lebih kecil dikarenakan beberapa kegiatan/proyek telah diselesaikan pada tahun 2020 dan 2021.

"Dengan alokasi anggaran di tahun 2022, diharapkan dapat melengkapi apa yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya," ucap Budi.

Di sisi lain, dukungan Kemenhub terhadap sektor pariwisata yaitu untuk mengoptimalkan konektivitas nasional dari dan menuju ke destinasi wisata melalui sejumlah pembangunan, yakni peningkatan kapasitas terminal penumpang pesawat udara, perpanjangan runway, penambahan rute internasional dan domestik, penyediaan jaringan infrastruktur KA, pembangunan pelabuhan laut, sungai dan danau, serta meningkatkan keselamatan jalan dengan penyediaan fasilitas keselamatan jalan.

Turut hadir secara langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan lima Gubernur dari Daerah Pariwisata Super Prioritas, serta hadir secara daring Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.


(ega/ara)