ADVERTISEMENT

3 Fakta Tol Akses Bandara Kertajati yang Bakal Diresmikan 20 Desember

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 19:00 WIB
Tol akses bandaran Kertajati rampung, siap dioperasikan
Tol Akses Bandara Kertajati/Foto: Dok Astra Tol Cipali
Jakarta -

Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka telah mendapatkan izin operasi dari pemerintah. Segera setelah itu, Tol Akses Bandara Kertajati akan dioperasikan.

Berikut tiga fakta tentang tol akses BIJB Kertajati:

1. 20 Desember Dibuka

Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis mengatakan peresmian tol tersebut direncanakan pada tanggal 20 Desember 2021.

"Rencana tanggal 20," katanya kepada detikcom, saat dihubungi Senin (13/12/2021).

Tol yang memiliki panjang 3,7 kilometer (km) dan lebar lajur 3,6 meter ini merupakan salah satu akses menuju BIJB Kertajati. Tol ini terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) yang dimulai dari KM 158+700 dan memiliki 4 lajur untuk dua arah.

2. Akses Lebih Cepat

Firdaus Azis menjelaskan, sebelumnya untuk menuju BIJB Kertajati harus keluar di pintu tol Kertajati lama dan melalui jalur biasa. Dari pintu tol itu menuju bandara dibutuhkan waktu sekitar 20 menit.

"Kalau dari Subang sebelumnya keluarnya di Kertajati lama, itu jaraknya ke bandara 15-20 menit. Kalau ini langsung, 5 menit sampai," tuturnya.

Memang diakuinya penghematan waktunya tidak seberapa. Namun setidaknya masyarakat bisa mendapatkan akses langsung dari tol ke Bandara Kertajati.

Firdaus menjelaskan, penghematan waktu yang akan sangat besar ketika tol Cisumdawu sudah selesai sepenuhnya. Jarak tempuh dari Bandung ke BIJB Kertajati akan terpangkas 50%.

"Kalau dari Bandung ke Kertajati biasanya sekitar 160-180 km, kalau dengan adanya tol Cisumdawu mungkin hanya 60 km," terangnya.

Pembangunan Tol Akses Bandara Kertajati satu tahun. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT