Bandung ke Bandara Kertajati Bisa Full Lewat Tol, Segini Tarifnya

Bima Bagaskara - detikFinance
Senin, 20 Des 2021 20:15 WIB
Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, resmi dibuka per hari ini. Jalan tol ini menghubungkan langsung antara Tol Cipali dengan BIJB Kertajati.
Foto: Bima Bagaskara
Majalengka -

Tol Akses Bandara Kertajati (Bandara Internasional Jawa Barat) resmi beroperasi. Kehadiran jalan tol ini semakin memperpendek jarak tempuh dari Bandung menuju BIJB di Kabupaten Majalengka.

Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan jika menempuh perjalanan dari Bandung menuju Bandara Kerjati di Majalengka lewat tol?

Adapun rute dari Bandung menuju Bandara Kertajati harus melalui beberapa ruas jalan tol. Mulai dari Tol Padalarang-Cileunyi, Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang) dan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan).

Dilansir dari laman bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol, besaran tarif untuk ruas tol tersebut ialah:

- Tol Padalarang-Cileunyi masuk ke gerbang Tol Pasteur sampai dengan exit Tol SS Padalarang. Tarifnya untuk golongan I kendaraan sebesar Rp 3.500, golongan II dan III Rp 6.000, golongan IV dan V Rp 8.500.

- Tol Cipularang dari gerbang Tol SS Padalarang sampai dengan exit Tol SS Dawuan. Tarifnya untuk golongan I kendaraan sebesar Rp 42.500, golongan II dan III Rp 71.500, golongan IV dan V Rp 103.500.

- Tol Cipali dari gerbang Tol Cikopo kemudian keluar di gerbang Tol Kertajati Utama. Tarifnya untuk golongan I kendaraan sebesar Rp 79.000, golongan II dan III Rp 130.500, golongan IV dan V Rp 163.000.

Dengan tarif yang berlaku itu, biaya yang diperlukan untuk satu kali perjalanan dari Bandung menuju BIJB Kertajati ialah sebesar:

- Kendaraan golongan I sebesar Rp 125.000
- Kendaraan golongan II dan III sebesar Rp 208.000
- Kendaraan golongan IV dan V sebesar Rp 275.000

Sebagai informasi, jalan Tol Akses Bandara Kertajati yang dikelola oleh ASTRA Tol Cipali resmi beroperasi per hari ini Senin (20/12/2022) dan mulai bisa dilewati oleh masyarakat.

CEO Grup Bisnis Jalan Tol Astra Krist Ade Sudiyono mengatakan tarif yang berlaku untuk Tol Akses Bandara Kertajati sama seperti tarif yang berlaku di ruas Tol Cipali saat keluar dari gerbang Tol Kertajati.

"Kalau saat ini keluar ke (gerbang) Tol Kertajati itu tarifnya sama dengan saat keluar ke Tol Akses Bandara Kertajati ini," kata Krist saat diwawancarai di lokasi pengoperasian Tol Akses Bandara Kertajati.

(eds/eds)