ADVERTISEMENT

Proyek Strategis HK Rampung di 2021, Ada Jalan Tol hingga Bandara

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 24 Des 2021 20:05 WIB
Ilustrasi Proyek Strategis
Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil merampungkan dan meresmikan beberapa proyek strategis di Indonesia sepanjang 2021. Proyek infrastruktur tersebut meliputi jalan tol, bandara hingga pembangkit listrik.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan sepanjang 2021, Hutama Karya berhasil menyelesaikan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan beberapa proyek infrastruktur jasa konstruksi lainnya.

"Di awal tahun, tepatnya pada bulan Maret 2021 Hutama Karya berhasil mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Medan - Binjai seksi 1 (Tanjung Mulia - Marelan) sepanjang 4,2 Km dan JTTS Ruas Sigli - Banda Aceh seksi 3 (Jantho - Indrapuri) sepanjang 16 Km," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12/2021).

Dengan kata lain, hingga akhir tahun perseroan telah membangun sepanjang 626 Km untuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Hingga akhir tahun 2021, Hutama Karya juga telah menargetkan penyelesaian beberapa ruas JTTS lainnya yakni JTTS Ruas Pekanbaru - Padang seksi Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 31 Km, JTTS Ruas Binjai - Langsa segmen Binjai - Stabat sepanjang 12 Km dan JTTS Ruas Sigli - Banda Aceh seksi 2 sepanjang 6 Km.

Selanjutnya, Hutama Karya juga berhasil merampungkan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada bulan Juni 2021.

Kemudian pada Juli, terdapat proyek pekerjaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Parmonangan-2 di Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

"Pada bulan September, Hutama Karya juga berhasil merampungkan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur yang merupakan proyek Joint Operation (JO) antara Hutama Karya bersama dengan WIKA dan Nindya Karya, lalu RS Mata Manado di pertengahan tahun, serta di akhir November Hutama Karya juga merampungkan proyek Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan telah diresmikan oleh Presiden RI," ungkap Budi.

Bersambung di halaman berikutnya...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT