ADVERTISEMENT

Jokowi Resmikan Bendungan Pidekso Rp 772 M di Jateng

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 16:39 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini dua kali meresmikan bendungan. Di kunjungannya yang kedua, Jokowi meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

"Alhamdulillah bendungan pidekso di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah hari ini bisa kita resmikan," tuturnya, Selasa (28/12/2021).

Jokowi menjelaskan, Bendungan Pidekso merupakan proyek yang menghabiskan dana pembangunan Rp 772 miliar. Proyek ini dilakukan pembebasan lahan pada 2014 dan konstruksinya dimulai pada 2017.

Bendungan ini memiliki kapasitas 25 juta meter kubik dengan muat genangan 232 hektar. Bendungan ini dikatakan bisa mengairi kurang lebih 1500 hektar sawah di Kabupaten Wonogiri.

"Kalau kita ingin kemandirian pangan tercapai, kedaulatan pangan tercapai, ketahanan pangan tercapai, waduk menjadi kunci, air menjadi kunci. Karena itu kita bangun waduk di seluruh provinsi di tanah air kita," tuturnya.

Sebelumnya Jokowi meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara. Berbeda dari biasanya, kali ini Jokowi menyampaikan pernyataan peresmian sambil menumpangi perahu naga di bendungan tersebut.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara pada pagi hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Jokowi.

Bendungan Ladongi berkapasitas 45,9 juta meter kubik dengan luas lahan 222 hektare. Bendungan Ladongi nantinya akan bisa mengairi sawah-sawah di sejumlah kabupaten di sekitarnya, yakni Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, dan Kolaka.

(das/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT