PTPP Lepas Saham Tol Pandaan-Malang ke Astra Rp 928 M

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 20:30 WIB
Tol Gempol-Pandaan ruas Pandaan IC-Pandaa dan Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi III (Pandaan-Singosari) mulai berbayar. Tarif sudah diberlakukan sejak Jumat (9/8).
Tol Pandaan-Malang/Foto: Kementerian PUPR
Jakarta -

PT PP (Persero) Tbk telah melakukan penandatanganan akta jual beli saham (sales purchase agreement/SPA) atas kepemilikan saham di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol. Acara penandatangan SPA bertempat di Kantor PT Jasa Marga (Persero) Tbk Jakarta pada hari Kamis (30/12).

Dalam penandatanganan tersebut, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mewakili perusahaan dalam penandatanganan SPA tersebut. Acara penandatangan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Menteri II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Presiden Direktur PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) Djap Tet Fa, Direktur PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) Kris Ade Sudiyono, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur, Direktur PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Darwin Trisna Djajawinata, dan Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Tol Netty Renova.

PTPP sepakat untuk melepaskan kepemilikan saham yang dimiliki oleh perusahaan sebesar 35% dalam PT Jasamarga Pandaan Malang Tol kepada PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra). ASTRA Infra merupakan kelompok usaha yang telah memiliki pengalaman sebagai investor operator di bidang industri infrastruktur selama lebih dari 25 tahun.

"Aksi Korporasi yang kami lakukan di penghujung akhir tahun 2021 ini merupakan salah satu momentum penting bagi PTPP sesuai dengan program smart recycling asset di tahun ini dengan melepaskan 35% porsi kepemilikan saham di JPM," kata Novel dalam keterangannya, Kamis (30/12/2021).

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, PTPP melepas 35% saham Tol Pandaan-Malang sebesar Rp 928 miliar.

PT Jasamarga Pandaan Malang Tol (JPM) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol untuk ruas Pandaan-Malang yang dibentuk sejak tahun 2016 dengan ruas panjang tol 38,5 kilometer (km).

Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berlokasi di Jawa Timur dan telah beroperasi penuh sejak tahun 2020.

Jalan Tol Pandaan-Malang dirancang untuk meningkatkan konektivitas di kawasan ini. Di samping itu, Jalan Tol Pandaan-Malang juga memiliki jalur yang melintasi tiga wilayah, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Malang.

Kehadiran jalan tol tersebut telah memberikan manfaat ekonomi yang tinggi kepada Indonesia khususnya masyarakat di Provinsi Jawa Timur.

Berlanjut ke halaman berikutnya.