Wuss! Ada Tol Gedebage-Cilacap, ke Pangandaran Bisa Lebih Cepat

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 13:55 WIB
Surfing di Pantai Pamugaran Pangandaran
Foto: Faizal Amiruddin/detikcom
Jakarta -

Tol Gedebage-Cilacap bakal dibangun. Pembangunan tol terbagi dua, dari Gedebage ke Tasikmalaya dan Tasikmalaya ke Cilacap.

Pembangunan tol tahap pertama Gedebage-Tasikmalaya direncanakan selesai 2024. Sedangkan dari Tasikmalaya-Cilacap direncanakan dibangun dari 2027-2029.

Berdasarkan simpang susun yang akan dibangun di proyek ini, tol Gedebage-Cilacap akan melewati sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di antaranya Majalaya, Nagrek, Garut, Singaparna, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Patimuan, dan Cilacap.

Dengan panjang tol 206,65 km dan asumsi kecepatan berkendara di tol 80 km/jam, maka Gedebage ke Cilacap dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam. Karena rutenya yang melewati jalur selatan, maka perjalanan menuju Pangandaran bisa lebih cepat.

Patimuan menjadi titik simpang susun terdekat menuju Pangandaran. Sementara perjalanan dari Patimuan menuju Pangandaran bisa ditempuh sekitar 50 menit lagi.

Pantai di Pangandaran sendiri merupakan salah satu destinasi wisata pantai terbaik di Jawa Barat. Dengan tersambungnya tol Gedebage-Cilacap, maka perjalanan menuju ke Pangandaran bisa lebih cepat dengan keluar dari salah satu gerbang tol terdekat menuju Pangandaran.

Sebagai informasi, tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap nantinya memilki 10 Simpang Susun (SS). Di antaranya SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap.

Simak video 'Interchange Km 149 Belum Diaktivasi, Walkot Bandung: Segera Diupayakan':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)