Dear Pak Menhub, Warga Garut Nggak Sabar Nih Naik Kereta Lagi

Hakim Gani - detikFinance
Jumat, 07 Jan 2022 17:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan meninjau Stasiun Garut, Kamis (6/1). Ia optimistis ekonomi di Garut berkembang pesat seiring dengan reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut.
Foto: Hakim Ghani: Stasiun Garut siap beroperasi, tinggal tunggu diresmikan pemerintah pusat

Disinggung terkait hal itu, Kang Emil mengatakan, saat ini operasional kereta api Cibatu-Garut masih menunggu izin dari Kementerian Perhubungan. Kabarnya, ada persyaratan administrasi yang belum rampung.

"Ada permasalahan investasi yang sedang dihitung saja. Kan biasanya PT KAI hanya operator ya, kalau untuk jalur ini memodali relnya juga," katanya.

Terkait hal tersebut, Kang Emil meminta warga untuk memahami. Sembari berharap jalur dan stasiun ini secepatnya diresmikan pemerintah.

Terlepas dari permasalahan itu, warga Garut selalu berharap agar jalur Cibatu-Garut dan Stasiun Garut segera dibuka untuk umum. Sebab, kereta api jadi hal yang paling dinanti saat ini.

Dengan kereta api, warga Garut bisa leluasa beraktivitas. Tak hanya di dalam kota, mereka bisa melancong ke luar kota dengan mudah, murah dan tanpa hambatan dengan kereta api.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, setelah diresmikan nanti, Stasiun Garut akan melayani perjalanan dari Garut hingga Jakarta.

"Rutenya dari Garut ke Kiara Condong. Nantinya ke Jakarta juga ada," ungkap Rudy.


(hns/hns)