Kereta LRT Jabodebek Mulai Mondar-mandir di Pancoran, Uji Coba?

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 11 Jan 2022 14:41 WIB
LRT Jabodebek tengah diujicoba. Kereta LRT terlihat melintas di Jalan Gatoto Subroto dan melewati flyover lengkung Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (10/1).
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Kereta LRT Jabodebek diketahui melintas di jalur Pancoran-Dukuh Atas Senin (10/1) kemarin. PT INKA (Persero) menyebut melintasnya kereta LRT pada lintasan tersebut adalah bagian dari pengecekan sarana-pra sarana.

Humas PT Inka (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan uji coba lintasan ke Dukuh Atas rencananya dimulai bulan depan.

"Jadi kemarin hanya mencoba kesesuaian antara prasarana dan sarana pada lintas Pancoran-Dukuh Atas, belum uji kereta," katanya kepada detikcom, Selasa (11/1/2022).

Jadi, uji coba kereta akan dilakukan pada Februari 2022. Uji coba juga belum melibatkan masyarakat.

"Saat ini kami sedang memindahkan kereta dari Harjamukti ke Bekasi, uji coba baru akan dilaksanakan awal Februari 2022," ucapnya.

Ia memastikan saat ini prasarana dan sarana dari LRT sudah lulus uji. Jadi, ke depan hanya menunggu proses uji operasi dengan publik.

"Untuk publik pertama mungkin KAI punya istilah khusus, untuk sistem pertiketan mereka, misal di awal namanya uji operasi (coba tanyakan ke KAI istilah tepatnya apa). Tetapi prasarana (rel) dan sarananya (LRT) nya sudah harus lulus uji," tutupnya.

(eds/eds)