Molor Lagi, LRT Jabodebek Mulai Beroperasi 17 Agustus 2022

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 07:00 WIB
LRT Jabodebek tengah diujicoba. Kereta LRT terlihat melintas di Jalan Gatoto Subroto dan melewati flyover lengkung Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (10/1).
LRT Jabodebek/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Target operasi kereta LRT Jabodebek untuk masyarakat umum molor lagi. Untuk target terbaru, PT INKA (Persero) mengatakan LRT Jabodebek akan beroperasi pada 17 Agustus 2022.

Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA, Bambang Ramadhiarto, mengatakan sebelum beroperasi secara umum, uji coba akan dilakukan pada Februari 2022.

"Saat ini kami sedang memindahkan kereta dari Harjamukti ke Bekasi, uji coba baru akan dilaksanakan awal Februari 2022 dan kereta untuk publik rencana 17 Agustus 2022," katanya kepada detikcom, Selasa (11/1) kemarin.

Saat ini prasarana dan sarana dari LRT Jabodebek disebut sudah lulus uji. Sementara, mengenai penyediaan sarana tiket akan dilakukan oleh PT KAI (Persero). "Untuk publik pertama mungkin KAI punya istilah khusus, untuk sistem pertiketan mereka, misal di awal namanya uji operasi. Tetapi prasarana (rel) dan sarananya (LRT) nya sudah harus lulus uji," imbuhnya.

Untuk diketahui, target terbaru operasi LRT Jabodebek ini sudah molor beberapa kali. Dalam catatan detikcom, awalnya ditargetkan beroperasi di akhir 2021, namun mundur ke pertengahan 2022. Hal ini diungkapkan oleh PT Adhi Karya pada 2020 lalu.

Kala itu, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson menyebut masalah yang ditemukan yakni pembebasan lahan yang lambat jadi faktor utama molornya operasi LRT Jabodebek.

"Memang, dibandingkan rencana awal ada kemunduran akibat pembebasan tanah dan penetapan lokasi, di lokasi ini nih (Dukuh Atas)," ujar Entus dalam peresmian pengecoran longspan Dukuh Atas yang disiarkan melalui YouTube, Rabu (11/11/2020).

Halaman berikutnya rencana Presiden Jokowi soal LRT Jabodebek.