Heboh Jalan Akses Pekerja Rest Area Memprihatinkan, Ini 3 Faktanya

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 20:00 WIB
Ilustrasi macet/ antrean di rest area
Foto: Ilustrasi rest area
Jakarta -

Viral video di media sosial memperlihatkan bahwa pekerja rest area di tol harus menempuh akses jalan setapak untuk sampai lokasi kerja. Kondisi jalan terlihat sangat memprihatinkan.

"Banyak yang belum tau kan kalo yang kerja di rest area tuh jalannya lewat mana? Ini kalo habis hujan ya jalan becek licin karena ini dari tanah yang diarug pake batu bekas aspal gitu. Banyak genangan air yang menyedihkan," kata video yang dibagikan akun @*i*nudon dikutip Jumat (14/1/2022).

Berikut tiga faktanya:

1. Harus Lewati Terowongan

Dalam video yang beredar, pekerja tersebut harus melewati terowongan yang pendek sehingga harus dilewati dengan cara menunduk. Saat sehabis hujan, sepanjang terowongan itu digenangi dengan air sehingga yang melewatinya menyebutnya dengan terowongan.

"Kalo hujan airnya deres banget kalo malam pasti sudah terbayangkan bestie dan ini tuh harus agak nunduk gitu kepalanya biar nggak kejedot," ceritanya.

Setelah sampai di parkiran motor, pekerja tersebut harus melanjutkan berjalan kaki sebentar untuk sampai rest area tempatnya bekerja.

2. Lokasi di Tol Cipali

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan video viral yang beredar itu berlokasi di sekitar ruas Cikampek-Palimanan (Cipali) di mana PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku badan usaha jalan tol.

"Ini ruas LMS KM 86 arah Jakarta," kata Danang berdasarkan informasi yang didapatkan.

3. Tidak Semua Sama

Kementerian PUPR menyayangkan video viral tersebut karena terkesan menggiring opini bahwa seolah semua pekerja di rest area harus menempuh akses jalan yang memprihatinkan untuk sampai lokasi kerja.

Padahal, katanya, banyak rest area yang juga menyediakan fasilitas antar jemput bagi pekerja. "Atau memiliki akses ke jalan permukiman di dekatnya," tulis akun Kementerian PUPR di Twitter.

(aid/ara)