Ridwan Kamil Targetkan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Juni

Wisma Putra - detikFinance
Senin, 24 Jan 2022 18:30 WIB
Foto udara simpang susun Jalan Tol Purbaleunyi dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1/2022). Gubernur Jawa Barat bersama Kementerian PUPR meresmikan Jalan Tol Cisumdawu seksi I Cileunyi-Pamulihan yang memiliki panjang 11,71 kilometer dan menggratiskan biaya tol bagi masyarakat selama dua pekan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau tol Cisumdawu bisa beroperasi penuh Juni 2022. Pria yang beken disapa Kang Emil itu mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan di lapangan, dia optimistis tol Cisumdawu selesai pertengahan 2022.

Dia juga sudah melaporkan progres pembangunan Tol Cisumdawu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Keseluruhan sudah dilaporkan kepada Pak Presiden, jika tidak ada halangan bulan Juni seluruh jalur Tol Cisumdawu bisa selesai, sehingga dari Jalan Tol Cileunyi ini bisa tembus sampai ke Bandara Kertajati yang kita inginkan dan kita banggakan," ujar Kang Emil peresmian pengoperasian Tol Cisumdawu Seksi I, Senin (24/1/2022).

"Warga Jawa Barat silahkan manfaatkan untuk kelancaran ekonomi penumpang maupun barang, mudah-mudahan Bulan Juni seluruhnya bisa kita buka," lanjutnya.

Menurutnya setelah tol Cisumdawu rampung total, akan meningkatkan kegiatan perekonomian di Jawa Barat, termasuk juga membuka akses menuju Bandara Kertajati.

"Pasti berkorelasi dengan pertumbuhan ekonomi, dulu kan ada cerita sayur-sayuran dari priangan ke Jakarta sekian persen busuk enggak bisa dijual menyebabkan kerugian karena lama di jalan, karena ada tol bisa menaikkan," jelasnya.

Kang Emil menambahkan kehadiran tol Cisumdawu akan semakin mendorong kegiatan perekonomian

"Kedua, sekian persen ekonomi lari ke Cengkareng, lebih mudah ke Cengkreng dibandingkan ke Kertajati kalau pakai rute lama. Inikan akan bergeser produksi barang dan lain-lain,"

"Saya optimis 2022 ekonomi pilih dan bangkit salah satunya Cisumdawu dibuka," pungkasnya.

(wip/hns)