ADVERTISEMENT

Harga Termurah Tiket Kereta Cepat JKT-BDG Rp 150 Ribu

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 07 Feb 2022 17:25 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Foto: Dok. KCIC
Jakarta -

Harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung diperkirakan berkisar Rp 150.000-350.000 per orang. Hal tersebut berdasarkan hasil feasibility study tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet menjelaskan tarif tersebut akan terbagi dalam 3 kelas yakni VIP, first clas dan second class.

"Kapasitas 1 train set ada 601 seat, terdiri dari 3 kelas, VIP, first class, dan second class. Tarif berkisar Rp 150-350 ribu sesuai hasil study demand forecast POLAR UI," terangnya dalam RDP dengan Komisi V, Senin (7/2/2022).

Dwi bilang, dengan tarif sebesar itu, hasil review diperkirakan balik modal baru tercapai setelah 40 tahun. Menurutnya perhitungan itu masih terus dilakukan dan diharapkan bisa lebih cepat.

"Saat ini perhitungan review FS masih belum final, kemarin sempat diangka 40 tahun. Namun masih kita coba evaluasi agar kira-kira apakah ada lagi potensi-potensi revenue stream lagi atau strategi bisnis yang lain yang bisa membuat BEP bisa lebih kecil dari 40 tahun," terangnya.

Penghitungan BEP itu juga berdasarkan perkiraan penumpang per hari Kereta Cepat Jakarta-Bandung setelah beroperasi nantinya di 2023. Diperkirakan penumpangnya mencapai 31.215. Angka itu turun dari hasil kajian demand forecast penumpang per hari sebelumnya di 2017 yang mencapai 61.157 orang.

Jika dihitung maka potensi kehilangan penumpang dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai 29.942 orang. Angka itu berkurang 48,9% dari asumsi sebelumnya.

Meski begitu, menurut Dwiyana BEP dari proyek perkeretaapian memang terbilang cukup panjang.

"Karena memang ini proyek investasi prasarana kereta api tentunya tidak akan mudah kalau kita berharap mendapatkan tingkat BEP yang lebih singkat. Rata-rata kalau proyek investasi perkeretaapian pasti di atas 20 tahun," ucapnya.

Simak juga Video: Biang Keladi Operasi Kereta Cepat Mundur ke Juni 2023

[Gambas:Video 20detik]




(das/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT