Naik LRT dari Bekasi ke Cawang Cuma 28 Menit, Mulai Jajal Agustus!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 08 Feb 2022 16:36 WIB
Kereta LRT Jabodebek di Lintasan
LRT Jabodebek/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Warga Bekasi bakal punya moda transportasi baru untuk menuju ke Jakarta. LRT Jabodebek sudah bisa dijajal mulai bulan Agustus mendatang.

Dari catatan detikcom, LRT Jabodebek dapat menghemat waktu bagi warga Bekasi menuju Jakarta hingga mencapai 1,5 jam. Menurut perhitungan Direktur Pengelolaan Properti PT Adhi Commuter Properti (ACP) Hanif Setyo Nugroho pada Desember 2019 yang lalu, dari Bekasi Timur ke Cawang cuma akan memakan waktu sekitar 28 menitan dengan LRT Jabodebek.

Rincinya, menurut perhitungan Hanif, saat ini rute Bekasi Timur ke Cawang bila ditempuh situasi normal dengan kendaraan darat membutuhkan waktu sekitar 45 menit, namun saat macet dapat mencapai 2 jam.

Dengan menggunakan LRT berkecepatan rata-rata 60 km/jam, perjalanan dapat ditempuh hanya 28 menit untuk rute Bekasi Timur-Cawang. Artinya ada efisiensi waktu mencapai 1,5 jam atau sekitar 3 jam setiap harinya.

Masyarakat Bekasi bisa menggunakan LRT Jabodebek dengan lintas layanan Cawang-Bekasi Timur. Dilansir dari website LRT Jabodebek, lintasan itu memiliki panjang 18,5 km.

Lintasan ini akan melalui lima lokasi stasiun. Adapun lokasi stasiun tersebut berada di Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

Sementara itu menurut penjelasan VP Public Relations KAI Joni Martinus pada saat beroperasi, headway atau waktu tunggu LRT Jabodebek akan sangat singkat. Hanya 6 menit di lintas Bekasi Timur-Cawang dan Harjamukti-Cawang, lalu 3 menit di lintas Cawang - Dukuh Atas.

Hal itu bisa terjadi karena LRT Jabodebek memiliki sistem Communication-Based Train Control (CBTC). Sistem ini dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis disertai supervisi dari pusat kendali operasi.

"Untuk melayani masyarakat serta memastikan keandalan sarana dan prasarana seoptimal mungkin, KAI telah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk menentukan jam operasional LRT Jabodebek," ujar Joni dalam keterangannya, Selasa (8/2/2022).

KAI sendiri berencana akan mengoperasikan hingga 27 trainset LRT Jabodebek per hari, dalam 1 trainset terdiri dari 6 unit kereta. Dengan demikian akan terdapat 560 perjalanan LRT Jabodebek yang akan melayani 114.000 pelanggan per hari.

Dalam kondisi normal, 1 trainset LRT Jabodebek berkapasitas 740 pelanggan dengan konfigurasi 174 duduk dan 566 berdiri. Namun jika kondisi padat, LRT Jabodebek dapat menampung 1.308 pelanggan.



Simak Video "Mengenal Sistem CBTC dan GoA Level 3 pada LRT Jabodebek"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)