Bandara Ibu Kota Baru Mau Dibangun, Bisa Didarati Boeing 777

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 22 Feb 2022 10:49 WIB
Menhub Tinjau Calon Lokasi Bandara IKN
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Kementerian Perhubungan bakal membangun bandara baru di ibu kota negara (IKN) baru. Bandara penunjang ibu kota baru ini masih berada di sekitar wilayah Penajam Paser Utara, yang bakal jadi pusat pemerintahan ibu kota baru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau lokasi pembangunan bandara tersebut. Dari Balikpapan, dia berangkat menggunakan helikopter menuju titik lokasi calon bandara baru.

Budi Karya menjelaskan pihaknya telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis, yaitu berada di antara kawasan IKN dengan Balikpapan.

"Lokasi ini akan strategis yang dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun IKN," kata Budi Karya dalam keterangannya, dikutip Selasa (22/2/2022).

Sejauh ini sendiri dari foto yang dibagikan Kementerian Perhubungan, kawasan yang bakal jadi bandara masih berupa kebun sawit saja. Belum ada proses pengembangan yang dilakukan.

Menurutnya, bandara baru ini nantinya memiliki panjang landas pacu (runway) sepanjang 3000 meter x 45 meter, dan bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777. Budi Karya optimistis, bandara baru tersebut bisa diselesaikan pada tahun 2024 mendatang.

"Melihat situasi di lapangan dan pengalaman membangun Bandara YIA yang ukurannya sama, itu bisa dilaksanakan," ujar Budi Karya.

Lebih lanjut, Menteri Budi menyebut akan berkoordinasi dengan TNI AU terkait kolaborasi penggunaan bandara IKN untuk kepentingan komersial dengan kepentingan militer.

(hal/eds)