ADVERTISEMENT

Kereta LRT Jabodebek Wira-wiri Tanpa Masinis, Masuk Depo Sementara Manual

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Jumat, 25 Feb 2022 15:19 WIB
Sebanyak 16 trainset atau rangkaian LRT Jabodebek dipindahkan ke area Lintas Pelayanan 2 yaitu jalur Cawang-Pancoran. Pemindahan dilakukan pasca insiden tabrakan beberapa waktu lalu.
LRT Jabodebek/Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Kereta LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis. Progres pembangunan LRT Jabodebek saat ini mencapai 90% dan siap beroperasi pada Agustus 2022.

"Jalur layanan kereta LRT yang nantinya akan melayani masyarakat itu sudah dibangun dengan sistem otomatis," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Prasarana LRT Jabodebek Kemenhub, Ferdian Suryo Adhi Pramono di Depo LRT Jabodebek, Bekasi Timur, Jumat (25/2/2022).

Kepala Divisi (Kadiv) LRT Jabodebek PT KAI, Mochamad Purnomosidi menggambarkan bagaimana LRT Jabodebek beroperasi nantinya.

"Nah mestinya kan skenario kita dia (LRT) keluar masuk itu kayak mainan itu lho. Keluar sendiri, masuk sendiri. Ketika masuk ke stabling itu harusnya kayak mainan itu loh yang masuk sendiri besok pagi jalan keluar sendiri," kata Purnomo.

Purnomo menambahkan, meski kereta LRT Jabodebek beroperasi tanpa masinis namun ada petugas Train Attendant yang bersiaga jika kereta mengalami gangguan.

"Masinis itu sudah ada. Train Attendant itu kita siapkan jadi masinis," katanya.

Namun, ketika kereta LRT Jabodebek masuk depo sementara dikendarai masinis atau manual. Nantinya, pada Desember 2022 kereta LRT Jabodebek baru bisa otomatis keluar masuk depo.

"Depo, Agustus itu operasi dengan manual. Desember operasi dengan otomatis. Berarti baru bisa full otomatis itu kan Desember," katanya.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT