Siap-siap! Tahap Awal Bayar Tol Tanpa Setop Bakal Dimulai di Jabodetabek

ADVERTISEMENT

Siap-siap! Tahap Awal Bayar Tol Tanpa Setop Bakal Dimulai di Jabodetabek

Iffa Naila Safira - detikFinance
Minggu, 06 Mar 2022 10:00 WIB
Bayar Tol Tanpa Setop
Foto: Bayar Tol Tanpa Setop (M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun sistem transaksi nontunai untuk pembayaran tol tanpa setop atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Penerapan teknologi ini diharapkan akan mempercepat proses transaksi pembayaran kendaraan yang masuk dan melintas jalan tol.

"Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap mulai akhir tahun 2022," kata Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/3/2022).

Pembangunan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh ini rencananya akan dibangun mulai akhir tahun 2022. Sementara untuk tahap awal, penerapannya akan diutamakan untuk wilayah Jabodetabek.

"Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap mulai akhir tahun 2022 di beberapa ruas dengan sistem transaksi terbuka dahulu, dan diutamakan wilayah Jabodetabek," kata Danang.

Dalam catatan detikcom, Danang pernah menjelaskan bahwa teknologi ini menggunakan electronic on board unit yang sudah terhubung dengan satelit dan akan membaca data mobil yang melintas lewat tol.

Teknologi ini membantu proses pembayaran setiap mobil yang akan masuk ke jalan tol tanpa perlu melakukan tapping atau menempelkan kartu.

"Lama kelamaan karena sudah terbiasa, gate itu akan terbuka, sehingga pada tahun 2024 tidak akan ada gardu tol," ujar Danang.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT