Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Bulan Depan, Bisa Dipakai Mudik

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 12 Mar 2022 14:00 WIB
Pekerja dengan menggunakan alat berat menyelesaikan perbaikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Pematang Panggang-Terbanggi Besar KM 310, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Kamis (9/12/2021). Perbaikan jalan tersebut dilakukan jelang libur Natal dan pergantian tahun yang diprediksi akan mengalami lonjakan pengguna tol. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Perbaikan Tol Trans Sumatera/Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Perbaikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung dipastikan tuntas sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022. Hal itu disampaikan oleh pihak Kantor Staf Presiden.

"Informasi dari KemenPUPR tadi, penyelesaian semua perbaikan Jalan Tol Trans Sumatera dapat diselesaikan pada bulan April 2022. Termasuk soal rambu lalu lintas, marka, hingga rest area. Jadi nanti masyarakat bisa mudik lebaran dengan nyaman," kata Deputi II Kepala Staf Kepresidenan RI Febry Calvin Tetelepta dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/3/2022).

"Dapat diperkirakan arus mudik Lebaran tahun 2022 akan membludak, dan pasti jalan tol ini jadi primadonanya," sebutnya.

Untuk mempercepat penyelesaian perbaikan jalan Tol Trans Sumatera, Febry menjelaskan Kementerian PUPR telah melakukan penambahan alat dan pekerja, dengan target pertengahan April sudah tidak ada lagi kerusakan pada jalan tol dan bukan tol.

"Perencanaan awal perbaikan ditargetkan selesai Juni. Karena dipercepat menjadi April maka harus ada penambahan alat dan orang," paparnya.

Febry menekankan dua hal terkait penyelesaian perbaikan Jalan Tol Trans Sumatera, yaitu soal administrasi penyediaan dokumen teknis dan progres kegiatan perbaikan jalan.

"Sukses konstruksi harus diimbangi dengan urusan administrasi dan hukum. Semuanya harus dipastikan berjalan dengan baik," tuturnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dengan panjang 330 km. Ruas jalan tol ini menghubungkan Lampung hingga Palembang.

Pantauan Kantor Staf Presiden RI di lapangan, saat ini masih terdapat kerusakan di sejumlah titik dan sedang dalam proses perbaikan. Diantaranya di KM 188, 190-191, dan KM 257 arah Palembang.

(toy/ara)