Peran Brantas Abipraya di Tol Terowongan Kembar Pertama di Indonesia

ADVERTISEMENT

Peran Brantas Abipraya di Tol Terowongan Kembar Pertama di Indonesia

Dea Duta Aulia - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 14:55 WIB
Tol Cisumdawu
Foto: Brantas Abipraya
Jakarta -

PT Brantas Abipraya (Persero) turut terlibat dalam pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu. Keterlibatan perusahaan milik negara tersebut tidak hanya sebatas dalam proses pengerjaan saja, namun Brantas Abipraya turut menjadi investor melalui skema kepemilikan saham di proyek tersebut.

"Pada pengerjaan tol ini Brantas Abipraya tidak hanya sebagai kontraktor, namun juga berperan sebagai investor. Ini dibangun dengan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dan kami mengantongi 24 persen kepemilikan saham pada joint venture tersebut," kata Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas dalam keterangan tertulis, Selasa (22/3/2022).

Lebih lanjut Anas menjelaskan proses pembangunan tol tersebut terbagi menjadi 6 seksi. Seksi 1 dilakukan mulai dari Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 kilometer yang telah rampung beroperasi pada Januari 2022 lalu.

Untuk seksi 2 akan dilanjutkan pembangunan mulai dari Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05 kilometer. Serta seksi 3 dimulai dari Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer. Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 kilometer.

Seksi 5A dan 5B dimulai dari Legok ke Ujung Jaya sepanjang 14,9 kilometer. Terakhir yakni seksi 6A dan 6B akan melanjutkan pengerjaan dari Ujung Jaya ke Dawuan sepanjang 6.6 kilometer.

Tol CisumdawuTol Cisumdawu Foto: Brantas Abipraya

"Pada Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai bagian dari Viability Gap Fund. Hal ini dilakukan untuk menaikkan kelayakan investasi jalan tol tersebut. Sedangkan untuk Seksi 3 sampai Seksi 6, dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BPJT) dan PT Citra Karya Jalan Tol (PT CKJT)," kata Miftakhul Anas.

Anas mengatakan pihaknya optimistis seluruh seksi tersebut dapat dirampungkan pada tahun ini. Sebab proyek tersebut merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan infrastruktur.

Selain itu, ruas tol tersebut memiliki peran yang begitu penting untuk mengefisienkan operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi Kawasan Ciayu, Majalengka, Kuningan, dan Kawasan Rebana.

"Kami optimistis tol ini dapat rampung semua Seksi, pada tahun ini. Nantinya para pengendara yang melintas akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah yang menawan. Dan harapannya melalui pembangunan tol ini, Brantas Abipraya dapat turut berkontribusi memajukan perekonomian Indonesia," tutupnya.



Simak Video "Ridwan Kamil Jajal Tol Cisumdawu-Targetkan Beroperasi Penuh Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT