Tol Binjai-Stabat Berbayar Mulai 3 April, Segini Tarifnya

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 30 Mar 2022 19:45 WIB
Ruas Tol Binjai-Stabat 11,8 kilometer yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Jakarta -

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Binjai-Langsa Seksi 1 (Tol Binjai-Stabat) mulai berbayar pada 3 April 2022 mendatang. Saat ini tarifnya masih gratis sejak dioperasikan 11 Februari 2022.

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola menyebut penetapan tarif berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 82/KPTS/M/2022. Sebelum tarif tol secara resmi diberlakukan, pihaknya mengaku telah melakukan sosialiasi secara masif baik offline maupun online kepada seluruh pengguna jalan tol.

"Selain itu, kami juga telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan menampung aspirasi dari regulator serta Key Opinion Leader (KOL)," kata Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

Koentjoro memastikan bahwa jalan tol telah memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang berlaku. Saat ini fasilitas yang dimiliki oleh Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) terdiri dari 28 personil siaga, 6 unit kendaraan operasional yang terdiri dari ambulans, derek, patroli jalan raya, rescue, kendaraan patroli, 6 gardu tol, dan 1 titik lokasi top-up tunai di Gerbang Tol Stabat.

Nantinya jika sudah terhubung secara penuh, Jalan Tol Binjai-Langsa akan dilengkapi dengan 5 gerbang tol, 3 Simpang Susun (SS) yang terletak di Stabat, Tanjung Pura dan Pangkalan Brandan, serta 6 unit Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) Tipe A.

Berdasarkan SK Menteri PUPR, berikut besaran tarif Tol Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) dari asal perjalanan GT Binjai tujuan GT Langsa dan sebaliknya:

Golongan I: Rp 15.000
Golongan II dan III: Rp 22.500
Golongan IV dan V: Rp 30.000

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol.

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE," bebernya.

(aid/ara)