Luhut Ingatkan Kontraktor China Lewat Dubes: Percepat Proyek Kereta Cepat

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 03 Apr 2022 04:00 WIB
Luhut Tinjau Proyek Kereta Cepat
Foto: Kholida Qothrunnada
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengecek progres proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, Rabu (30/3/2021). Bersama Luhut hadir pula Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia Lu Kang, serta Direktur Utama PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) Dwiyana Slamet Riyadi, dan Direktur Operasi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA, Hananto Aji

Luhut bersama Dubes China mengecek perkembangan pembangunan tepatnya di Subgrade #33 dan Tunnel #6. Rombongan Luhut menuju menuju lokasi proyek menggunakan Kereta Inspeksi dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Plered. Selama perjalanan, dilakukan diskusi terkait upaya percepatan pembangunan kereta cepat.

"Saya minta kepada Dubes Lu Kang untuk membantu komunikasikan kepada kontraktor dari Cina bahwa diperlukan adanya percepatan untuk mengejar penyelesaian pembangunan. Percepatan perlu segera dilakukan mengingat commercial operation date rencananya akan dilakukan pada Juni 2023," ujar Luhut dikutip dari situs Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Sabtu (2/4/2022).

Progres pekerjaan diharapkan dapat ditingkatkan dari yang awalnya hanya 1,6% dapat menjadi 2,0% setiap bulannya.

"Setelah agenda kunjungan ini kami akan berkomunikasi dengan kontraktor dari Cina dan menanyakan apakah ada pekerjaan yang masih terkendala dan tertunda serta akan segera dicarikan solusinya," kata Dubes Lu Kang.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Simak juga 'Luhut Harap Xi Jinping Bisa Resmikan Kereta Cepat JKT-BDG':

[Gambas:Video 20detik]