PUPR Jamin 2.500 Km Jalan Tol Siap Dilewati buat Mudik

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 20 Apr 2022 03:30 WIB
Foto udara pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan proyek pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta–Cikampek jalur B KM 67–KM 50 akan selesai pada H-10 Lebaran 2022 sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas khususnya kendaraan kecil pada arus balik Lebaran 2022. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar: Pemerintah klaim 2.500 km jalan tol siap buat mudik Lebaran
Jakarta -

Pemerintah menjamin jalan tol di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan bisa dilewati saat mudik Lebaran. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu

"Sekarang ini sedang dilakukan upaya-upaya dalam persiapan mudik Lebaran. Beberapa waktu yang lalu juga kami sudah mengumpulkan semua BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) setelah Bapak Presiden mengumumkan untuk memperbolehkan mudik. Semua Balai Jalan Kementerian PUPR juga sudah kami instruksikan untuk menyiapkan semua kesiapan termasuk marka-marka jalan," ujar Basuki dikutip dari situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Selasa (19/4/2022)

Basuki menjelaskan panjang jalan tol yang operasional di Indonesia adalah 2.500 km. Dikelola 46 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada 66 ruas jalan tol yang tersebar di Pulau Sumatera sepanjang 691 km, Pulau Jawa sepanjang 1.640,4 km, Pulau Bali sepanjang 10,1 km, Pulau Kalimantan sepanjang 97,3 km, dan Pulau Sulawesi sepanjang 61,5 km.

Mulai h-10 masa mudik, tidak ada Jalan Tol yang berlubang dan konstruksi di Jalan Tol yang dapat mengganggu mobilitas masyarakat. Basuki memaparkan untuk Jalan Tol di Pulau Jawa (Trans Jawa, Jabodetabek dan Non-Trans Jawa) operasional sepanjang 1.640 km dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 96 TIP (53 TIP A, 35 TIP B, dan 8 TIP C).

"Saat ini tengah dilakukan Pelebaran Jalan Tol Jakarta - Cikampek jalur B (KM 67 - KM 50) sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas untuk arus balik khususnya kendaraan kecil. Ini dilakukan oleh BUJT Jasa Marga, seluruhnya kami selesaikan bisa fungsional H-10," terang Basuki.

Selain itu juga disiapkan fungsional untuk kondisi darurat ruas Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan (SS Sadang KM 62 - SS Kutanegara KM 53) sepanjang 8,6 k, yang disambungkan dengan Jalan Industri 15 km dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta - Cikampek Gate Karawang Timur KM 54. Untuk memperlancar arus mudik Lebaran, juga dilaksanakan duplikasi Jembatan Ciujung KM 57 Jalan Tol Tangerang - Merak.

Langsung klik halaman berikutnya. Masih ada informasi menarik.