Basuki Ramal 28-30 Macet Total, Pemudik Diminta Berangkat Lebih Awal

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Rabu, 20 Apr 2022 14:22 WIB
H-4 Lebaran, Tol Cikampek, mulai dipadati ribuan kendaraan dari Jakarta menuju Tol Cipali, Jawa Tengah, serta Tol Purbaleunyi, Jawa Barat. mereka adalah para pemudik.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghimbau kepada para pemudik Lebaran 2022 untuk mudik lebih awal, yakni pada Sabtu (23/4/2022). Pasalnya, diprediksi akan terjadi kemacetan total jika mudik dilakukan di pekan selanjutnya.

Ia mengungkapkan dari hasil rapat terbatas diprediksi sebanyak 33 juta mobil dan 17 sepeda motor akan digunakan untuk mudik pada Lebaran tahun ini.

"Kalau berangkat bareng pada tanggal 28, 29, 30, menurut Menteri Perhubungan akan macet total. Diharapkan mulai (mudik) lebih awal," katanya, kepada awak media, di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Bahkan, menurutnya, kebijakan one way dan ganjil genap tidak akan membantu. Kemacetan akan terjadi di tiga tanggal tersebut.

Untuk mengatasi kemacetan nanti, cara yang dilakukan Basuki adalah meminta karyawannya yang berkerja dari rumah atau work from home (wfh) pulang lebih dahulu.

"Saya sampaikan di PUPR, misalnya, yang wfh boleh pulang dulu," ujarnya.

Terlebih mengingat Kementerian PUPR tidak mengadakan open house Lebaran dan buka bersama.

(dna/dna)