Simak! Menteri PUPR Buka-bukaan Kondisi Jalan Hingga Jembatan Buat Mudik

ADVERTISEMENT

Simak! Menteri PUPR Buka-bukaan Kondisi Jalan Hingga Jembatan Buat Mudik

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Kamis, 21 Apr 2022 14:36 WIB
Basuki Hadimuljono merapat ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/(Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan prasarana jalan nasional tol dan non-tol, serta jembatan sudah siap. Para pemudik bisa melalui prasarana tersebut untuk mudik Lebaran 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono secara umum kesiapan jalan dan jembatan untuk jalur mudik 2022 sudah dalam kondisi yang baik.

Di Pulau Jawa, seluruh jalan nasional di Pulau Jawa seperti ruas Pejagan-Purwokerto-Prupuk sudah dalam kondisi bagus dan juga perbaikan jalan nasional Lamongan-Gresik sepanjang 16 km juga sudah rampung. Dengan begitu diharapkan tidak terjadi kemacetan di ruas jalan tersebut.

"Dari Cirebon ke Cilacap sudah bagus sebagai sirip-sirip jalan Pantura, Tengah dan Selatan. Jadi di Pulau Jawa ini ada 3 jalur, Pantura di Utara, Tengah dan Selatan atau jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) dengan pemandangannya yang indah," kata Basuki, dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Sementara untuk jembatan di Pulau Jawa, Basuki menyebutkan terdapat Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang yang baru diresmikan dan Jembatan Ngaglik di Kabupaten Lamongan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang sudah selesai diperbaiki.

"Jembatan Ploso di Jombang itu yang di atas Sungai Brantas, pengganti dari jembatan lama yang kalau dilalui bergetar dan macet sekarang sudah ada Jembatan Ploso yang sekitar dua minggu lalu sudah kita buka. Sementara Jembatan Ngaglik di Lamongan telah beroperasi dan dapat dilintasi oleh kendaraan mulai Minggu (17/4)," ujar Basuki.

Kondisi jalan di Sumatera buat mudik Lebaran berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT