3 Fakta Pemudik Tak Perlu Tempel Kartu di GT Palimanan

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Senin, 25 Apr 2022 21:15 WIB
Lepas dari Palimanan, Jalur Tol Ramai Lancar ke Arah Kanci
GT Palimanan/Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta -

Lonjakan pemudik akan terjadi di tahun ini. Pasalnya, diprediksi ada sebanyak 85 juta pemudik yang berlebaran di kampung halaman. Dari data tersebut 47% pemudik menggunakan jalur darat.

Tak ayal diperlukan jurus agar masyarakat bisa merayakan mudik Lebaran di kampung halaman dengan lancar. Masyarakat tidak mendapat halangan di perjalanan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah menyederhanakan transaksi di gerbang tol dengan melakukan pengalihan. Pemudik dapat langsung melanjutkan perjalanan tanpa harus tapping kartu uang elektronik di Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Pelaksana Harian Anggota BPJT Kementerian PUPR, Mahbullah Nurdin menjelaskan, dengan pengalihan ini, maka pembayaran tarif Jalan Tol Cipali yang semula dilakukan di GT Palimanan, nantinya akan dilakukan di gerbang tol-gerbang tol di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Pemalang-Batang, dan Jalan Tol Batang-Semarang untuk pengguna jalan yang menuju arah Trans Jawa.

"Bagi yang melakukan perjalanan jauh (menerus) menuju Semarang dan sekitarnya, maka pembayaran tarif untuk Jalan Tol Cipali akan dilakukan di GT Kalikangkung. Sebaliknya, untuk pengguna jalan dari arah Trans Jawa yang menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek, maka tarif untuk Jalan Tol Cipali akan dibayarkan di GT Cikampek Utama. Pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya pada saat pelayanan lajur Lebaran 2022 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan untuk mempercepat waktu tempuh di jalan tol," katanya, dalam keterangan tertulis, Senin (25/4/2022).

Berikut tiga fakta pemudik bablas GT Palimanan:

1. Bablas GT Palimanan Mulai Hari Ini

Penerapan pengalihan transaksi ini telah diujicobakan sejak 22 April 2022 mulai pukul 06.00 WIB. Jika lancar dan tidak ada kendala, maka akan mulai diberlakukan pada 25 April 2022, saat masyarakat mulai melakukan perjalanan mudik.

Berapa tarifnya? Berlanjut ke halaman berikutnya.