Seminggu Jelang Lebaran, Begini Suasana Jalan Tol ke Bandung

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 03:30 WIB
Kondisi Jalan Tol Jakarta Cikampek
Foto: Kondisi Jalan Tol Jakarta Cikampek (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta -

Musim mudik Lebaran 2022 sudah semakin dekat. Setelah dua tahun pelaksanaannya dibatasi karena pandemi COVID-19, tahun ini diprediksi jumlah pemudik akan meningkat drastis.

Perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi jadi banyak pilihan. Sejumlah ruas tol juga telah dipersiapkan untuk menerima kedatangan para pemudik termasuk ruas tol yang ada di wilayah Jawa Barat.

Jelang arus mudik Lebaran 2022 ini, detikcom jajal pergi ke Bandung melewati Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Senin (25/4/2022). Titik kami berangkat dari daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kami memulai perjalanan dengan suasana yang masih lengang karena berangkat sekitar pukul 06.30 WIB. Sebelum berangkat, kami pastikan bensin dan e-money sudah terisi full.

Kami langsung masuk Tol Dalam Kota dengan lancar sehingga mobil bisa dipacu dengan kecepatan 65-75 km/jam. Berbeda setelah memasuki Tol Jakarta-Cikampek (Japek) I, situasi padat merayap sekitar sepanjang 10 km dan kecepatan mobil maksimal hanya 30-40 km/jam.

Kondisi jalan cukup terasa mulus, tidak ada kondisi bergelombang yang berarti. Kami sempat berhenti di rest area km 19 selama sekitar 20 menit untuk buang air kecil.

Terpantau fasilitas rest area km 19 masih sepi. Banyak kios makanan tersedia termasuk merek makanan cepat saji, namun terpantau tutup. Ada juga pengisian bahan bakar regular, termasuk tempat beribadah lengkap dengan toilet dan tempat wudhunya.

Setelah urusan selesai, perjalanan dilanjutkan. Perjalanan kami ambil kiri ke arah Cipularang untuk masuk gerbang tol Kalihurip Utama I.

Selama perjalanan, terpantau bus-bus Trans Jawa mulai terlihat. Pihak tol juga sudah mulai mempersiapkan tambahan pengisian bahan bakar modular di rest area kecil seperti km 33 dan km 57.

Perjalanan terus lancar kami lanjutkan ke arah Padalarang. Situasi tol tampak lengang sehingga mobil bisa melaju dengan kecepatan 80-100 km/jam.

Kami memutuskan untuk keluar tol Padalarang Timur dan waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB. Dengan begitu bisa dibilang perjalanan dari Jakarta ke Padalarang menempuh waktu hingga 3,5 jam.

(aid/dna)