Lebaran Kedua 2022, MRT Jakarta Diserbu Warga

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 03 Mei 2022 12:06 WIB
MRT Jakarta di hari kedua Lebaran 2022
Foto: Kholida Qothrunnada
Jakarta -

Momen setelah Lebaran biasanya dimanfaatkan banyak masyarakat Indonesia untuk berlibur. Bagi kamu yang ingin berlibur mengelilingi ibu kota Jakarta, bisa menaiki fasilitas transportasi publik seperti moda raya terpadu atau MRT.

Beberapa titik stasiun MRT Jakarta memang berada di dekat objek wisata, pusat kuliner, hingga pusat perbelanjaan. Hal ini menjadi salah satu daya tarik warga menggunakan MRT Jakarta.

Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi dengan naik MRT ini, disambung dengan moda transportasi lainnya seperti TransJakarta maupun KRL. Misalnya, Kebun Binatang Ragunan, Ancol, Monumen Nasional (Monas), dan masih banyak lagi. Salah satu petugas yang di area Stasiun MRT Lebak Bulus mengungkapkan, MRT memang cukup banyak digunakan masyarakat saat momen libur Lebaran.

"Habis lebaran ramai biasanya. Kalau sekarang apalagi pra pandemi, mulai kemarin juga ramai. Kalau pagi jam 08.00-09.000 WIB memang belum terlalu ramai, nanti biasanya agak siangan ramai pada datang, sekeluarga Ibu, Bapak, sama anak-anaknya," ungkapnya kepada detikcom, Selasa (3/5/2022).

MRT Jakarta di hari kedua Lebaran 2022MRT Jakarta di hari kedua Lebaran 2022 Foto: Kholida Qothrunnada


Pantauan di Stasiun MRT Lebak Bulus, para calon penumpang mulai memadati area stasiun sejak pukul 11 siang. Petugas menyebutkan, bahwa biasanya penumpang bertujuan mengarah ke Bundaran HI.

"Biasanya ramai mau pada ke Bundaran HI, belanja ke mal paling gitu. Biasanya juga keluarga yang ada anak kecil, tujuannya kadang ke Ragunan," tambahnya.

Hal itu juga yang dimanfaatkan oleh Nani bersama suami dan kedua anaknya. Ia mengaku sengaja menggunakan MRT, karena dianggap lebih nyaman dan cepat.

"Iya mumpung masih libur Lebaran. Saya tinggal di Halim, kita mau ke PIM. Emang sengaja dan udah biasa juga sekeluarga kalau jalan-jalan naik MRT, kan lebih nyaman dan cepat," kata Nani ketika berbincang kepada detikcom, di area Stasiun MRT Lebak Bulus, Selasa (3/5/2022).

Berdasarkan pantauan detikcom pukul 10.27 WIB, memang sudah mulai terlihat masyarakat dari remaja dan juga para keluarga yang datang ke Stasiun MRT Lebak Bulus.

Namun, masih terlihat adanya gangguan ketika penumpang ingin menempelkan kartu mereka, di pintu masuk MRT. Selain itu, sering terlihat juga rombongan keluarga yang mengoper kartunya ke anggota keluarga lainnya.

"Iya memang kadang sistemnya. Tapi banyak penumpang juga yang masih awam dan belum tahu. Kalau di hari libur emang kadang sering begini, biasanya juga karena mereka belum tap out atau tap in kartu di stasiun sebelumnya, tapi langsung balik ke stasiun ini lagi," ungkap petugas tersebut.

MRT Jakarta di hari kedua Lebaran 2022Suasana di dalam kereta MRT Jakarta di hari kedua Lebaran 2022 Foto: Kholida Qothrunnada
(eds/eds)