Lewat Tol Selama Libur Lebaran? Waspadai Jalur-jalur Ini

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 03 Mei 2022 19:30 WIB
Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol  Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022). Pada H-1 Idul Fitri 1443 H, Jalan Tol TranS Sumatera (JTTS) Bakauheni-Palembang dipadati kendaraan pemudik. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Jakarta -

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengantisipasi prediksi padatnya lalu lintas jalan tol saat musim libur Lebaran tahun ini. Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT Ali Rachmadi, mengatakan berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk beberapa lokasi jalur berwisata yang sudah diprediksi kepadatannya.

"Kondisi tersebut sudah kita antisipasi bersama dengan setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait. Kami juga telah mengidentifikasi lokasi-lokasi yang kita sebut jalur pariwisata," ungkap Ali dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Selasa (3/5/2022).

Ia menjelaskan lokasi-lokasi tersebut adalah lokasi menuju tempat wisata yang ramai pada waktu dan di segmen tertentu.

"Lokasi jalur wisata itu adalah lokasi di mana biasanya pengguna jalan adalah keluarga yang ingin berlibur di suatu tempat tertentu," jelasnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan BUJT untuk penyediaan alat pengisi saldo uang elektronik dan penambahan petugas di tol.

"Jalan dan gerbang-gerbang tertentu, akan diantisipasi dengan penyediaan mobile reader dan menambahkan petugas untuk berjaga dalam hal lalu lintas terlalu padat," katanya.

"Dalam beberapa kasus juga dimungkinkan untuk melakukan pengalihan arus kendaraan, pada exit terdekat sebelum maupun setelah exit yang seharusnya. Sehingga, kendaraan tidak menumpuk pada 1 titik exit tol tertentu,"tambah Ali.

Pihaknya juga senantiasa mengevaluasi skema-skema tersebut bersama dengan pihak terkait.

"Akan dilakukan evaluasi bersama dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat, sehingga arus lalu lintas limpahan tidak akan terkunci pada 1 titik saja,"kata Ali.

(eds/eds)