Whusss... Jalur Kereta Pertama Sulawesi Beroperasi Oktober

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 03 Jun 2022 14:51 WIB
Kereta Makassar Parepare, rute Barru-Maros
Foto: Dok. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub
Jakarta -

Pengerjaan jalur kereta api pertama di Pulau Sulawesi terus digenjot, khususnya untuk Makassar menuju Parepare. Pengerjaan saat ini sedang fokus dilakukan di rute tahap I segmen 3 yang menghubungkan Kabupaten Marros dan Kabupaten Pangkep.

Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Amanna Gappa menyebut penyelesaian pembangunan jalur kereta api akan sesuai jadwal. Rencananya, jalur ini akan mulai dioperasikan dan bisa digunakan masyarakat pada Oktober 2022.

"Kami sampaikan apresiasi kepada masyarakat dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi serta mendukung pembangunan jalur kereta api ini," ujar Gappa dalam keterangan resmi, Jumat (3/6/2022).

Pada Oktober 2022 nanti, angkutan penumpang bakal dibuka untuk rute tahap I Makassar-Parepare yang menghubungkan Stasiun Barru hingga ke Stasiun Marros sepanjang 71 km.

Pihak balai pengelola kereta apu Sulsel tengah menyelesaikan pembangunan jalur untuk segmen 1 sepanjang 16,1 KM, segmen 2 sepanjang 26,1 KM, dan saat ini sedang dalam penyelesaian segmen 3 sepanjang 67,1 KM dari Kabupaten Pangkep ke Kabupaten Maros.

Perkembangan konstruksinya rata-rata di atas 84% untuk jalur di wilayah Kabupaten Maros dan 94% untuk wilayah Kabupaten Pangkep.

Pada Oktober akan dibuka juga kereta angkutan barang. Langsung klik halaman berikutnya