3 Fakta Jalur Kereta Api Pertama Sulawesi yang Nyaris Rampung

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 04 Jun 2022 06:45 WIB
Kereta Makassar Parepare, rute Barru-Maros
Foto: Dok. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub
Jakarta -

Proyek kereta api pertama di Pulau Sulawesi akhirnya bakal segera bisa dijajal. Jalur kereta api Trans Sulawesi rute Makassar-Parepare itu sudah hampir rampung pengerjaannya.

Dalam hitungan bulan, layanan kereta api bakal bisa digunakan warga Sulawesi Selatan. Berikut ini fakta menarik dari proyek tersebut:

1. Operasi Oktober 2022

Layanan kereta api pertama di Pulau Sulawesi ini mulai bisa dijajal bulan Oktober mendatang. Pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare tahap I yang menghubungkan Marros-Barru sudah hampir rampung.

Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan Andi Amanna Gappa menyebut penyelesaian pembangunan jalur kereta api akan sesuai jadwal. Rencananya, jalur ini akan mulai dioperasikan dan bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2022.

"Kami sampaikan apresiasi kepada masyarakat dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi serta mendukung pembangunan jalur kereta api ini," ujar Gappa dalam keterangan tertulis Jumat (3/6/2022).

2. Progress Terkini

Angkutan kereta penumpang bakal dibuka untuk rute tahap I Makassar-Parepare yang menghubungkan Stasiun Barru hingga ke Stasiun Marros sepanjang 71 km.

Pihak balai pengelola kereta apu Sulsel tengah menyelesaikan pembangunan jalur untuk segmen 1 sepanjang 16,1 KM, segmen 2 sepanjang 26,1 KM, dan saat ini sedang dalam penyelesaian segmen 3 sepanjang 67,1 KM dari Kabupaten Pangkep ke Kabupaten Maros.

Perkembangan konstruksinya rata-rata di atas 84% untuk jalur di wilayah Kabupaten Maros dan 94% untuk wilayah Kabupaten Pangkep.

Angkutan penumpang akan diperluas, akan ada ruas Stasiun Palanro hingga Stasiun Mandai sepanjang 102 km pada Maret 2023.

Selain untuk kereta penumpang, Oktober nanti juga akan dibuka angkutan barang pada ruas Stasiun Ramang-Ramang hingga Stasiun Garongkong sepanjang 80 km.

Secara bertahap, pengoperasian akan diteruskan untuk angkutan barang pada ruas Tonasa-Garongkong sepanjang 57 km.

3. Daftar Rute Stasiun Marros-Barru

Sementara itu dalam unggahan informasi di akun Instagram @ditjenperkeretaapian, Kemenhub menyatakan sedang menyiapkan layanan kereta perintis untuk melayani operasional jalur Barru-Marros.

Ada beberapa stasiun yang akan disinggahi layanan penumpang kereta api Makassar-Parepare Oktober mendatang. Ini rinciannya berdasarkan infografis yang diunggah Ditjen Perkeretaapian:

1. Stasiun Barru
2. Stasiun Tanete Rilau
3. Stasiun Labakkang
4. Stasiun Pangkajene
5. Stasiun Ramang Ramang
6. Stasiun Marros

(hal/eds)