Bocoran Nasib Gambir yang Mau Diubah Jadi Stasiun KRL

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 04 Jun 2022 09:00 WIB
Stasiun Gambir hari kedua lebaran
Ilustrasi/Foto: (Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Gambir direncanakan bakal berhenti mengoperasikan kereta jarak jauh. Kementerian Perhubungan membuka opsi agar stasiun di kawasan Jakarta Pusat ini beralih jadi stasiun pemberhentian KRL Jabodetabek.

Hal ini sejalan dengan rencana Stasiun Manggarai yang bakal dibuat menjadi stasiun sentral di Jakarta. Artinya, stasiun itu juga akan melayani kereta jarak jauh di samping KRL Jabodetabek.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus menyatakan seiring dengan pembangunan Stasiun Manggarai yang akan disulap menjadi stasiun sentral, Stasiun Gambir bakal berhenti melayani kereta jarak jauh.

Nah setelah Stasiun Gambir setop melayani kereta jarak jauh, ada opsi stasiun itu dijadikan naik turun KRL Jabodetabek.

"Sampai sekarang desain Stasiun Manggarai dengan fasilitas yang ada di sana memang mendesain kereta jarak jauh. Itu berhenti sampai dengan Stasiun Manggarai saja. Jadi Gambir nanti akan difungsikan untuk naik turun penumpang KRL," ujar Rode dalam sebuah diskusi publik di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2022).

Menurut Rode pengembangan di Stasiun Manggarai pun saat ini terus berjalan. Dari desain yang ada stasiun tersebut memang akan difungsikan untuk melayani kereta jarak jauh.

Masalah nasib Gambir, Rode menambahkan, sejauh ini masih melakukan diskusi dengan PT KAI soal rencana menjadikan stasiun tersebut melayani KRL. Termasuk waktu berlakunya.

"Apabila ada perubahan untuk mengoptimalkan, itu kami masih mendiskusikan dengan PT KAI," kata Rode.

Saat ini pembangunan sisi timur Stasiun Manggarai sendiri sudah mulai dilakukan. Rencananya, Stasiun Manggarai dapat melayani kereta jarak jauh di tahun 2025.

Bila ditarik lebih jauh, rencana mempensiunkan Stasiun Gambir dan mengubahnya menjadi stasiun KRL sudah muncul sejak tahun 2019. Wacana ini diembuskan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi Karya pernah mengungkapkan bahwa Stasiun Manggarai direncanakan akan diubah sebagai pusat stasiun (central station) tidak hanya KRL Jabodetabek tetapi juga untuk kereta api jarak jauh.

Dengan Stasiun Manggarai sebagai pusat, nasib Stasiun Gambir yang selama ini sebagai tempat pemberhentian bagi kereta jarak jauh di Jakarta pun akan tergantikan.

"Memang Manggarai ini kita rencanakan ke depan menjadi central station, yang akan datang tidak ada lagi kereta dari luar kota masuk ke Gambir. Kereta terakhir adalah di Manggarai ini," tegas Budi Karya di Stasiun Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

(hal/eds)