Pasok Air ke Pelabuhan Patimban, Bendungan Sadawarna Dikebut Kelar 2022

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 06 Jun 2022 23:05 WIB
Proyek Bendungan Sadawarna, pemasok Air Pelabuhan Patimban
Foto: Dok. Kementerian PUPR: Proyek bendungan Sadawarna, pemasok air ke Pelabuhan Patimban
Jakarta -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan ini bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air. Tujuan utamanya adalah memberikan pasokan air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam," kata Basuki dalam keterangannya, Senin (6/6/2022).

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Kementerian PUPR Bastari mengatakan, Bendungan Sadawarna merupakan salah satu Program Strategis Nasional di bidang Sumber Daya Air. Bendungan ini mampu menampung 44,61 juta meter kubik air untuk mensuplai irigasi seluas 4.284 hektare di Kabupaten Subang dan Indramayu.

"Diharapkan suplai air irigasi dari Bendungan Sadawarna dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanamnya jika dibandingkan dengan metode tadah hujan yang hanya satu kali dalam setahun," ujar Bastari.

Bendungan Sadawarna juga dipersiapkan untuk memasok air baku sebesar 0,36 hingga 1 meter kubik per detik untuk Kawasan Pelabuhan Patimban dan Pantura Jawa Barat. Khususnya Kabupaten Subang, Indramayu, dan Sumedang, serta memiliki potensi sumber pembangkit listrik sebesar (PLTA) sebesar 2 MW.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik