Stasiun Manggarai Mau Layani KA Jarak Jauh-Bandara, Bakal Makin Ruwet?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 07 Jun 2022 10:51 WIB
Kawasan Stasiun Manggarai, tak nampak lagi ada aktivitas proyek pembangunan di lokasi, 15 Oktober 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Foto: Stasiun Manggarai (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun sentral. Penumpang KRL, kereta bandara, dan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) akan dilayani di Stasiun Manggarai.

Tentu akan banyak pekerjaan rumah jika Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral. Jumlah penumpang di Stasiun Manggarai bakal melonjak sedangkan sekarang infrastruktur masih terbatas seperti tempat parkir yang relatif kecil dan akses jalan yang tidak terlalu besar.

Apakah memungkinkan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral? Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, segala infrastruktur akan disiapkan di Stasiun Manggarai.

"Tentu soal infrastruktur penunjang juga akan disiapkan seperti akses dan parkir," katanya kepada detikcom, Selasa (7/6/2022).

Adita mengatakan, KAJJ nantinya berakhir di Stasiun Manggarai, sedangkan Stasiun Gambir akan diprioritaskan untuk melayani KRL. Jika sesuai rencana, hal itu akan terealisasi pada 2025.

"Sesuai masterplan dan desain yang ada, KA jarak jauh berhenti terakhir di Stasiun Manggarai. Setelah Stasiun Manggarai selesai dibangun, maka Stasiun Gambir akan diprioritaskan untuk melayani KRL," ujarnya.

"Sesuai rencana masterplan di tahun 2025, semoga semua berjalan sesuai rencana. Soal akses dan parkir semua sedang dalam persiapan," imbuhnya.

Lihat juga video 'PT KCI Klaim Stasiun Bogor Lebih Terurai dengan Rute KRL Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)