Bayar Rp 25 Ribu, Pelajar-Mahasiswa Naik LRT Palembang Sepuasnya Sebulan

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 11 Jun 2022 14:55 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi cek LRT Palembang
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom: LRT Palembang
Jakarta -

Pemerintah memberikan tarif khusus kepada pelajar dan mahasiswa yang menggunakan LRT Palembang. Pelajar dan mahasiswa bisa menggunakan LRT Palembang selama sebulan dengan hanya membayar Rp 25 ribu.

"Kita memberi kemudahan bagi pelajar dan mahasiswa. Kita hanya memungut Rp 25 ribu satu bulan," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara peluncuran Layanan Feeder LRT dan BRT Di Kota Palembang, Sabtu (11/6/2022).

Budi mengatakan kartu khusus pelajar dan mahasiswa bisa digunakan berapa kali pun. Semenjak program tersebut diluncurkan, jumlah pengguna LRT dua kali lipat dalam sebulan menjadi 350 ribu orang.

Budi berharap masyarakat, khususnya di Palembang, semakin sadar akan pentingnya menggunakan transportasi umum. Ia pun terus menggencarkan gerakan nasional kembali ke angkutan umum.

Menurutnya kota yang bagus dan maju harus mau naik angkutan umum. Selain mengurangi kemacetan, hal tersebut dapat mengurangi polusi udara.

LRT palembang adalah yang pertama di Indonesia. Budi berharap Palembang dapat menjadi role model angkutan massal untuk wilayah Indonesia lainnya.

"Jadi ada LRT dari bandara sampai ke stadion Jakabaring, ada 13 stasiun," terang Menhub

Di titik-titik tersebut akan ada pemberhentian yang terkoneksi dengan feeder atau angkot, serta Bus Rapid Transit (BRT).

Feeder LRT akan digratiskan hingga bulan Desember. Meskipun gratis, feeder dilengkapi dengan AC sehingga memberikan kenyamanan.

Menhub mengklaim LRT Palembang sama baiknya dengan LRT di kota-kota besar di dunia. Oleh karena itu ia berharap masyarakat Sumatera Selatan memanfaatkan fasilitas LRT ini secara optimal.

(hns/hns)