Viral Proyek Kereta Cepat di Bekasi Hambat Lalin Jembatan, Ini Faktanya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Selasa, 14 Jun 2022 13:24 WIB
Tangkapan layar video viral yang dinarasikan Tol Becakayu ambruk.
Foto: Tangkapan layar video viral (dok.istimewa)
Jakarta -

Viral di media sosial video proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung membuat lalu lintas di jembatan terhambat. Kendaraan yang melewati jembatan tersebut dibatasi dengan ketinggian maksimal 1,7 meter karena pemasangan box girder.

Dalam sebuah video yang viral disebutkan bahwa mobil tertentu tidak bisa melewati jembatan. Lokasi tersebut diketahui di Jembatan Antelope, Curug, Bekasi.

"Udah turun ya, ini dalam proses nih. Mobil Innova yang terbaru nggak bisa lewat, kalau Avanza masih bisa," kata seseorang dalam video, dikutip Selasa (14/6/2022).

Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Budi Harimawan mengatakan konstruksi tersebut merupakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di dekat Tol Jakarta-Cikampek kilometer (KM) 5-6.

"Lokasi di sekitar Japek Km 5-6. Proyek KCIC bukan Proyek Tol/PUPR secara langsung," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/6/2022).

Budi menjelaskan bahwa warga sekitar meminta jembatan tetap bisa dilalui saat konstruksi girder proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jembatan tersebut akan ditutup dan sedang dibangun penggantinya.

"Overpass tersebut menurut infonya disepakati dengan Pemkot Bekasi akan ditutup dan diganti lokasi yang baru (sedang dibangun). Selama proses pembangunan Overpass yang baru warga tetap minta bisa difungsikan," ujarnya.

Sementara itu, GM Corporate Secretary PT KCIC mengatakan itu adalah pemasangan box girder.

"Ini pemasangan box girder," katanya singkat kepada detikcom.

Lihat juga Video: Viral Video Tol Becakayu Disebut Amblas, Ini Faktanya

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)