ADVERTISEMENT

Hoax Tol Becakayu Amblas, Padahal Box Girder Kereta Cepat 'Nempel' Jembatan

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 06:30 WIB
Kondisi lalin di Jembatan Antilope, Bekasi, imbas pemasangan girder box kereta cepat.
Foto: Kondisi lalin di Jembatan Antilope, Bekasi, imbas pemasangan girder box kereta cepat. (Dwi Rahmawati/detikcom)

Susanto mengaku bahwa sudah diketahui bahwa tinggi antara jembatan dan box girder hanya tersisa 1,7 meter. Lalu lintas jembatan juga masih dibuka dan bisa dilewati mobil meski hampir menyentuh box girder proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Xenia, Avanza masih bisa lewat. Sayangkan kalau tidak dipakai. Tapi itu dijaga 24 jam sama tim." kata dia.

Setelah jembatan yang baru selesai, Susanto menjelaskan, jembatan Antilope akan dibongkar. Jembatan yang baru terletak di Pondok Gede, Kota Bekasi.

"Di Pondok Gede, di KM 5, sekitar KM 5 ya," kata Susanto.

KCIC Buka Suara

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry menegaskan sebelum pemasangan box girder, pihak kontraktor sudah melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan Pemerintah Kota Bekasi dan warga sekitar. Komunikasi juga dijalin dengan Dinas Perhubungan.

"Pada prinsipnya warga menyepakati sistem pengaturan lalu lintas dengan tetap memanfaatkan Jembatan Antilope eksisting secara terbatas dan proses pembangunan proyek KCJB (Kereta Cepat Jakarta-Bandung) dapat berlanjut," katanya.

Rahadian menjelaskan box girder yang berada di sekitar Jembatan Antilope adalah girder box proyek KCJB yang dipasang melengkapi 2.535 total girder box. Dalam proses pemasangan tidak ada penurunan atau masih sesuai dengan standar teknis yang ada.

Sesuai dengan Surat Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bekasi Nomor 551.1/849/Dishub Lalin, kondisi ini akan berlangsung hingga 10 Agustus 2022.

"Secara paralel, pembangunan jembatan baru pengganti jembatan Antilope sedang berprogres dan ditargetkan selesai pada 10 Agustus 2022. Setelah selesai, jembatan eksisting akan dibongkar dan arus lalu lintas sepenuhnya dialihkan ke jembatan baru," jelasnya.

Sebagai bentuk pengalihan arus lalu lintas, ia menerangkan, pengguna jalan atau pengendara bisa memanfaatkan Jembatan Kodam Baru yang dibangun oleh KCIC dan sudah dioperasikan sejak 29 Mei 2022.

Pengaturan Lalu Lintas Sekitar Jembatan Antilope:

a. Kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya menuju Jalan Kalimalang dialihkan menuju Overpass Kodam/Overpass Kapin.
b. Kendaraan dari arah Jalan Kalimalang yang akan menuju Jalan Kemang Raya dialihkan menuju Overpass Kodam/Overpass Kapin.
c. Kendaraan dari arah Jalan Curug yang akan menuju Jalan Kemang Raya bisa dialihkan menuju Overpass Kodam/Overpass Kapin.
d. Kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya yang akan menuju Jalan Curug Raya dialihkan menuju Overpass Kodam/Overpass Kapin.
e. Kendaraan dari Jalan Anugerah yang akan menuju Jalan Kalimalang bisa melalui Jembatan Jatiwaringin atau Overpass Kodam.


(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT