Tol Becakayu Seksi Jakasampurna-Margajaya Kelar Akhir 2022

Ardan Chandra - detikFinance
Sabtu, 18 Jun 2022 15:00 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Jalan Tol Becakayu beroperasi penuh tahun depan.
Proyek Tol Becakayu/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Tol Becakayu dengan total panjang 16,02 kilometer (km). Tol Becakayu terdiri dari dua seksi yaitu, Seksi 1 Kasablanka-Jaka sampurna 11,9 km yang saat ini sudah beroperasi.

Selanjutnya untuk Seksi 2a Jakasampurna-Margajaya sepanjang 4,12 km progres konstruksinya mencapai 89,97%. Seksi Tol Becakayu ini ditargetkan selesai konstruksinya menjelang akhir 2022.

Dikutip dari laman BPJT, Sabtu (18/6/2022), Tol Becakayu yang dikelola PT Kresna Kusuma Dyandra Marga juga terkoneksi dengan Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc via Gerbang Tol (GT) Pisangan.

Dengan saling terkoneksinya tol ini menjadi alternatif bagi para pengguna jalan tol khususnya dari Bekasi menuju Tanjung Priok dan sekitarnya dengan waktu tempuh yang jauh lebih singkat.

Kehadiran Tol Becakayu diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan untuk dapat mengurai kemacetan lalu lintas kota Jakarta dan Bekasi, seperti kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di wilayah Kalimalang dan sekitarnya, dan mengurai kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang sering mengalami penumpukan volume kendaraan khususnya di Gerbang Tol Halim.

(ara/fdl)