Tahap Awal Proyek MRT Cikarang-Balaraja, dari Tomang ke Ujung Menteng

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 08:30 WIB
Rute MRT Jakarta penting diketahui sebelum menaiki transportasi tersebut. Tujuannya agar penumpang dapat memilih stasiun MRT terdekat dengan lokasi tujuan.
Foto: Pradita Utama: Proyek MRT Fase III menghubungkan Cikarang-Balaraja
Jakarta -

Proyek MRT akan berlanjut ke Fase III menghubungkan Cikarang-Balaraja. MRT akan melintas di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Mana yang pertama dibangun?

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengatakan, saat ini pihaknya akan fokus pembangunan dari wilayah Jakarta.

"Saat ini yang sedang disiapkan itu adalah segmen Jakarta. Jadi kalau diketahui ada 3 provinsi Jakarta, Jawa Barat dan Banten," katanya dalam konferensi pers, Rabu (22/6/2022).

Dia menuturkan, pembangun MRT di Jakarta akan dibagi dua segmen. Segmen yang paling awal yang akan dibangun adalah Tomang ke Ujung Menteng.

"Saat ini sedang dilaksanakan untuk fase pertama. Segmen Jakarta dibagi dua, ada segmen pertama dari Tomang menuju ke Ujung Menteng sepanjang 23 km. Itulah yang sedang difokuskan dan komitmen oleh Jepang dalam hal ini. Itu yang akan dikerjakan pertama," katanya.

Lebih lanjut, William mengatakan, pemerintah Jepang akan mendukung percepatan pembangunan MRT. Dia mengatakan, pemerintah Jepang akan memberikan dukungan pendanaan untuk pembangunan MRT Fase 2 yang menghubungkan Bundaran HI hingga ke Ancol.

"Dalam waktu singkat akan ditandatangani komtimen pendanaan baru pemerintah Jepang terhadap penambahan anggaran untuk pembangunan Fase 2. Demikian juga pemerintah Jepang, JICA sudah memberikan komitmennya untuk pembangunan MRT Fase 2B dari Kota menuju ke Ancol," katanya.

Pemerintah Jepang, kata dia, juga akan memberikan pembiayaan untuk pembangunan MRT Fase 3. Namun, ia belum membeberkan besaran pendanaan tersebut.

"Pemerintah Jepang juga menyampaikan komitmen untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan MRT, timur barat di mana saat ini sedang dilakukan perencanaan teknis basic engineering design untuk fase pertama, segmen pertama di Jakarta, dan pemerintah Jepang sudah memberikan komitmennya akan ikut mendanai kegiatan fisik dari proyek tersebut," jelasnya.

Lihat juga video 'MRT Gandeng Crossrail Inggris Garap Proyek Fase 3':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/hns)