ADVERTISEMENT

Bayar Tol Tanpa Setop Berlaku 15 Desember, Jasa Marga Mulai Siap-siap

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 05:30 WIB
Bayar tol tanpa setop sedang diuji coba di ruas tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Kendaraan ditempeli stiker berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID).
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Sistem transaksi tol tanpa setop atau multi lane free flow (MLFF) akan mulai diterapkan pada akhir tahun ini. Dengan sistem ini, maka pengguna tol tak perlu lagi menempel kartu.

Sistem transaksi ini menawarkan sejumlah keuntungan bagi pengguna tol. Salah satunya ialah waktu yang singkat bertransaksi karena tak perlu lagi berhenti untuk menempel kartu.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan, berdasarkan rencana pemerintah, MLFF bakal diterapkan pada 15 Desember 2022.

"Dari rencana program pemerintah yaitu go live-nya, yaitu secara komersial sesuai perjanjian 15 Desember 2022," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi VI, Senin (27/6/2022).

Dia menjelaskan, saat ini tengah berlangsung pembicaraan antara badan usaha jalan tol (BUJT) dengan pemerintah terkait rencana penerapan transaksi tol tanpa setop tersebut.

"Ini masih dalam pembicaraan antara BUJT-BUJT dengan regulator termasuk pemasangan peralatannya, uji coba dan sebagainya dan juga rencana adendum PPJT-nya," ujarnya.

Meski rencana diterapkan akhir tahun, Subakti mengatakan realisasinya tergantung dari pemerintah. Sebab, kata dia, Jasa Marga hanya sebagai pelaksana.

"Memang schedule masih akhir Desember, tapi nanti realisasinya mungkin bukan di wilayah kami yang menjawab. Karena ini kontraknya antara regulator pemerintah dengan pihak Roatex Hungaria. Jadi kita nanti pelaksana saja dan tempat uji coba sebelum di go live tadi," terangnya.



Simak Video "Kepala BPJT: 2024 Tak Ada Lagi Gerbang Tol di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT