ADVERTISEMENT

Temui Jokowi, Putin Tawarkan Bangun Proyek Kereta di Ibu Kota Baru

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Jumat, 01 Jul 2022 09:54 WIB
Jokowi bertemu Putin di Kremlin
Foto: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Moskow, Rusia. Dalam kunjungannya itu, Jokowi bersama Vladimir Putin mengadakan pembicaraan terkait potensi kerja sama di ibu kota Nusantara (IKN).

Putin menawarkan Indonesia untuk membangun transportasi di IKN Nusantara. Putin mengatakan, Rusia dan Indonesia memiliki potensi kerja sama bisnis dalam pengembangan infrastruktur transportasi dan logistik.

"Misalnya, Russian Railways dapat mengambil bagian dalam mengimplementasikan inisiatif skala besar Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara ke pulau Kalimantan," kata Putin, dikutip dari website resmi Kepresidenan Rusia, Jumat (1/7/2022).

Putin menambahkan, Moskow juga bisa memberikan bantuannya untuk proyek IKN Nusantara. Menurutnya Moskow telah berkembang pesat dan cepat, serta berhasil meningkatkan taraf kualitasnya yang tinggi.

Russian Railways sendiri adalah perusahaan kereta yang bergerak di bidang jasa pelayanan penumpang dan barang di Rusia. Russian Railways sempat menjadi salah satu perusahaan transportasi terbesar di dunia.

Pada kesempatan itu, proyek IKN Nusantara disebut Putin sebagai proyek yang ambisius.

"Moskow, ibu kota Rusia, yang telah berkembang dengan kecepatan yang sangat baik dan dengan peningkatan kualitas yang tinggi, juga dapat berpartisipasi dalam proyek yang benar-benar ambisius ini," ungkap Putin.

Kemudian, Putin mengatakan akan fokus pada kerja sama perdagangan dan ekonomi yang menunjukkan dinamika positif. Selama 2021, perdagangan bilateral kedua negara tumbuh lebih dari 40% dan lebih dari 65% dalam lima bulan pertama tahun ini.



Simak Video "Senyum Ramah Putin Sambut Jokowi di Istana Kremlin"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT